Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Menteri Pariwsiata (Menpar) RI Arief Yahya sata meninjau lokasi calon KEK di Grand Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Rabu (28/11/2018).

Ridwan Kamil: Kita Goal-kan Pangandaran Sebagai KEK Pertama di Jawa Barat

BOGOR-KITA.com – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak semua pihak terkait, terutama yang ada di Kabupaten Pangandaran untuk mewujudkan Pangandaran sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pertama di Jawa Barat.

“Pangandaran harus menjadi yang terbaik. Bagaimana caranya? Semua harus ikut irama dan kita harus bagi-bagi tugas,” kata Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dalam acara Sosialisasi Sadar Wisata dan Sapta Pesona di Hotel Arnawa Kabupaten Pangandaran, Rabu (28/11/2018). Hadir dalam acara itu Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya.

Tugas kita, kata Emil,  adalah meng-goal-kan Pangandaran sebagai Kawasan Ekonomi Khusus pertama di Jawa Barat.

Sementara itu, Menteri Pariwisata (Menpar) RI Arief Yahya menuturkan ada Tiga C yang diperlukan dalam mentransformasi sebuah kawasan wisata, yaitu CEO Commitment, Change Agent, dan Competence.

CEO Commitment terkait komitmen dan kebijakan yang diberikan dari pemimpin atau pejabat pemerintah yang bersangkutan untuk membuat daerahnya sebagai kawasan destinasi unggulan. Kemudian Change Agent, dimana perlu ada tim khusus untuk melakukan pengembangan kawasan wisata sekaligus menjadi pengawas kebijakan transformasi kawasan wisata tersebut.

Hal ketiga, yaitu Competence, pendidikan untuk SDM pendukung kawasan wisata harus secara terus-menerus dilakukan. Khususnya pemanfaatam generasi muda agar mereka semua terlibat dalam pembentukan transformasi wisata unggulan.

Menurut Menpar, pariwisata akan menjadi core economy Indonesia. Dunia pariwisata Indonesia mengalami pertumbuhan paling cepat di dunia mencapai 22% atau tiga kali lipat dibanding pertumbuhan pariwisata dunia.

“Ini (pariwisata) akan menjadi motor penggerak ekonomi Indonesia. Jadi, apa yang menjadi core economy bangsa ini? Saya yakin adalah pariwisata,” tandas Menpar.

Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata mengemukakan, KEK adalah jalan tol menuju Pangandaran sebagai destinasi wisata kelas dunia. Hal ini sesuai dengan visi Pemerintah Kabupaten Pangandaran.

“Visi kita adalah menjadikan Pangandaran sebagai destinasi wisata kelas dunia. Ini tidak mudah. KEK bagi saya adalah jalan tol menuju Pangandaran sebagai destinasi wisata kelas dunia. Ayo sama-sama kita bangun menjadinkan Pangandaran Raya dan itu menjadi komitmen kita semua,” ajak Jeje. [] Admin/Sumber: Humas Jabar



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *