Kota Bogor

Rekapitulasi Perhitungan PPK di Kota Bogor Capai 35 persen

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Rekapitulasi perhitungan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di tingkat kecamatan sudah mencapai 35 persen dari 2.913 TPS.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor Muhammad Habibi Zaenal Abidin saat ditemui di PPK Tanah Sareal pada Kamis (22/2/2024).

“Sampai hari ini informasi dari teman-teman PPK sudah sampai 35 persen jumlah TPS yang dilakukan rekapitulasi,” ucap Habibi.

Ia mengatakan, proses rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara sampai sekarang masih berlangsung dari mulai pemilu presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten Kota.

Pihaknya menargetkan rekapitulasi di PPK se-Kota Bogor dimaksimalkan dapat selesai pada 2 Maret. Secara bersamaan kotak suara yang berada di tingkat kecamatan digeser ke gudang logistik pemilu KPU Kota Bogor.

Baca juga  KPU Kota Bogor Deklarasi Kampanye Damai  

“Maksimal tanggal 5 Maret kami melakukan rekapitulasi di tingkat Kota Bogor. Untuk tingkat kecamatan kita targetkan sampai tanggal 28 Februari dan maksimalnya sampai tanggal 2 Maret,” ungkapnya.

Saat ini, lanjut Habibi, metode perhitungan suara dengan menggunakan empat panel bertambah dari sebelumnya dua panel.

“Awalnya menggunakan dua panel lalu mengajukan empat panel, di mana prosesnya juga untuk transparansi ke masyarakat seluruhnya di sana ada Sirekap dibantu proses manual excel dan disaksikan oleh para saksi dan sebagainya,” jelasnya.

Menurutnya, pihaknya sudah mengantisipasi terkait berbagai kendala pada tahapan rekapitulasi, seperti listrik padam yang berkordinasi dengan pihak PLN.

“Jadi sebelum hari H pencoblosan sudah dilakukan koordinasi, maka pihak PLN sudah malakukan penanganan yang cepat untuk menangani kendala tersebut,” katanya.

Baca juga  KPU Kota Bogor Gelar Sosialisasi dan Verifikasi Parpol Peserta Pemilu

Ia menuturkan bahwa tahapan rekapitulasi di tingkat kecamatan belum selesai dan akan dilanjutkan di tingkat Kota Bogor.

“Rekapitulasi ini masih berjalan, belum berakhir, jadi kita tunggu prosesnya sampai dengan rekapitulasi selesai,” tandasnya. [] Ricky

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top