Posyandu Awal Melahirkan Generasi Berakhlak

Posyandu Awal Melahirkan Generasi Berakhlak

BOGOR-KITA.com – Posyandu tidak hanya sebagai tempat pemeriksaan kesehatan ibu dan bayi saja. Lebih dari itu, posyandu mulai bergerak ikut memberdayakan setiap keluarga di setiap RT. Salah satu yang melakukan berbagai inovasi terbaru yakni Posyandu Flamboyan X. Posyandu Flamboyan X juga mewakili Kota Bogor di Lomba Posyandu Tingkat Provinsi Jawa Barat (Jabar).
Ketua Tim Penilai Provinsi Jawa Barat Wardana mengatakan, posyandu di masa depan tidak lagi hanya sekadar mengurangi angka kematian ibu dan anak namun ikut meningkatkan kesejahteran keluarga. Posyandu memiliki peran strategis dalam pembangunan karena sebuah kehidupan dimulai dari keluarga. Maka pembinaan dari segi karakter, akhlak anak, pendidikan terhadap orangtua dan pembinaan secara ekonomi perlu dilakukan posyandu.
“Generasi baik dilahirkan dari keluarga yang baik dan itu jadi modal awalnya,” ujar Wardana, Kamis (13/10/2016).
Di dalam penilaian lomba ini pun diakui Wardana melihat dari kelembagaan, hasil kegiatan kesehatan, kegiatan terintegrasi atau kegiatan penunjang seperti pendidikan anak usia dini, lingkungan hidup, rumah sehat, konseling ibu anak dan perlindungan ibu anak. Tak ketinggalan ketatausahaan dan dukungan pemerintah juga jadi point penilaian tambahan.
“Ini baru seleksi pertama, dari 27 posyandu kota/kabupaten di Jabar dipilih 10 posyandu terbaik yang nantinya diseleksi lagi hingga keluar satu posyandu terbaik sebagai perwakilan Jabar ke Tingkat Nasional,” terang dia.
Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, Posyandu yang tidak hanya mementingkan aspek kesehatan saja namun juga pendidikan dan konseling bagi orangtua serta ikut di dorong dengan pemerintah hanya ada di Indonesia. Hal itulah yang menjadi keunggulan dari posyandu di Indonesia. Pendidikan dan konseling orangtua menjadi program penting mengingat masih banyaknya orangtua yang belum paham cara mendidik anak.
“Di Posyandu Flamboyan X ini memiliki keunggulan dalam hal multifungsi tadi dan bersinergi dengan pemerintah mencetak generasi berakhlak,” pungkas Bima. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *