Kab. Bogor

Pompa Bantuan Ade Yasin Efektif Meminimalisir Banjir Bojongkulur

kp2c

BOGOR-KITA.com, GUNUNG PUTRI – Pompa banjir di Perumahan Vila Nusa Indah 1 dan Vila Nusa Indah 2, Desa Bojongkulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor,  efektif mencegah banjir saat Tinggi Muka Air (TMA)  Sungai Cileungsi (dan juga Cikeas) meninggi akibat hujan lebat di hulu sungai, Sabtu petang (30/10/2021).

Menurut Ketua Komunitas Peduli Sungai Cileungsi Cikeas (KP2C), Puarman, Sabtu tengah malam, 19 unit pompa bantuan Bupati Bogor Ade Yasin melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Bogor itu seluruhnya berfungsi dengan baik dan optimal.

“Pompa mulai berfungsi melakukan penyedotan ketika air sudah luber ke jalan. Sehingga banjir yang tadinya diprediksi sekitar 1 meter berhasil ditahan menjadi di bawah 40 cm,” ujar Puarman dalam keterangan tertulisnya.

Baca juga  Bupati Bogor Dijadwalkan Hadiri Acara Bakti Amal di Bojongkulur

Sementara itu, Kepala Desa Bojongkulur, Firman Riansyah menyatakan Tim Penanggulangan Bencana Desa (TPBDes) Bojongkulur bersama BPBD Kabupaten Bogor dan instansi terkait sudah disiagakan.

Firman  menyatakan mengapresiasi langkah konkret dan gerak cepat Bupati Bogor dalam meminimalisir dampak banjir akibat luapan sungai Cileungsi dan Cikeas.

Kades Firman berharap Pemkab Bogor dapat terus mendesak pemerintah pusat cq. Kementerian PUPR untuk segera merealisasikan normalisasi sungai di wilayah Bojongkulur.

Hingga Sabtu pukul 23.30, TMA di Pertemuan Cileungsi Cikeas mencapai ketinggian 630 cm, di mana top level di titik pantau Cibongas pada Sabtu petang  250 cm dan Cileungsi 350 cm. Sementara top level titik pantau Cikeas 210 cm. [] Hari

Baca juga  Ini Hikmah Puasa Syawal Menurut Pakar Gizi IPB University
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top