Kab. Bogor

Petani di Kemang Berinovasi Bikin Bakso dan Siomay Lidah Buaya

Ujang Jamaludin petani lidah buaya di Desa Tegal

BOGOR-KITA.com, KEMANG – Inovasi merupakan hal yang mutlak dilakukan di zaman sekarang.

Seperti yang dikerjakan Ujang Jamaludin (61), seorang petani budidaya dan pelaku UMKM lidah buaya di Desa Tegal, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Saat ini ia sedang menyiapkan produk olahan bakso dan siomay dari lidah buaya.

“Daging pelepah lidah buaya bisa dijadikan produk olahan seperti minuman segar, sirup, jus, sistik dan lainnya. Saat ini saya sedang siapkan produk bakso dan siomay lidah buaya,” kata Jamal, Jumat (22/1/2021).

Jamal membeberkan, daun (pelepah) lidah buaya kualitas super bisa dijual langsung ke pasar swalayan, bahkan bisa jadi komoditi ekspor ke luar negeri. Sementara untuk pelepah yang kualitas kurang baik, bisa dijual ke pabrik kertas atau dijadikan pupuk organik.

Baca juga  Sebagian Besar Vaksin Datang Semester Kedua 2021

Tanaman lidah buaya, saat ini  banyak dibudidayakan terutama untuk pengobatan dan tanaman hias. Produk olahan dari tanaman lidah buaya juga telah banyak ditemukan dalam produk makanan dan minuman, kosmetika, atau obat – obatan.

“Saya hampir 6 tahun menggeluti usaha budidaya tanaman lidah buaya. Potensi bisnis dan potensi usaha lidah buaya sangat bagus,” ungkap Ujang.

Pria yang akrab disapa Jamal Lidah Buaya ini menuturkan, awal tertarik usaha budidaya tanaman tersebut karena dirinya ingin memproduksi makanan dan minuman berbahan dasar lidah buaya. Namun seiring waktu dan perjalanannya, ternyata tanaman lidah buaya punya potensi usaha luar biasa.

“Ternyata tanaman lidah buaya itu tidak ada yang terbuang. Semuanya bisa dijadikan uang. Dari mulai bibitnya, pelepah (daunnya), sampai pelepah sisa bisa digunakan bahkan dijadikan uang,” ungkap kata Ujang. [] Fahry

Baca juga  TBM Lentera Pustaka Bogor Dapat Bantuan dari Pacific Life Insurance
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top