DPC Persagi Kolaborasi denga Dinkes Turunkan Angka Stunting di Kabupaten Bogor

Persagi Kolaborasi Dinkes Turunkan Angka Stunting di Kabupaten Bogor

BOGOR-KITA.com, CIBINONG РGuna menurunkan angka stunting di Kabupaten Bogor  Dewan Pimpinan Cabang Persatuan Ahli Gizi Indonesia (DPC Persagi) Bogor berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor ajak petugas gizi lakukan peningkatan pendampingan pemenuhan gizi seimbang kepada seluruh masyarakat terutama terhadap ibu hamil dan remaja. Hal itu dilakukan melalui seminar pencegahan stunting sekaligus Serah Terima (Sertijab) DPC Persagi Bogor Periode 2019-2024 di ruang serbaguna 1, Setda Kabupaten Bogor, Jalan Tegar Beriman, Cibinong, Sabtu (29/11/2019).

Ketua DPC Persagi Bogor, Agus Triwinarto menuturkan, kehadiran DPC Persagi Bogor siap bersinergi Pemkab Bogor dalam membangun gizi masyarakat Kabupaten Bogor lebih baik. Tentunya melalui optimalisasi peran aktif tenaga kesehatan bidang gizi membantu menurunkan stunting di Kabupaten Bogor.

“Peran kita dan mereka para ahli gizi bagaimana mencegah supaya ibu hamil tidak melahirkan anak stunting. Kuncinya di pencegahan, melalui kegiatan ini kami ingin optimalkan pendampingan secara teknis, pelatihan kepada masyarakat. Khususnya di 10 Lokasi Khusus Intervensi Stunting di Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina mengatakan, penurunan stunting merupakan salah satu program prioritas Pemerintah Kabupaten Bogor dalam mendukung terwujudnya Karsa Bogor sehat. Melalui kegiatan ini diharapkan mampu menurunkan stunting secara signifkan di Kabupaten Bogor.

“Peran profesional gizi harus terus ditingkatkan, tentunya melalui kegiatan ini diharapkan mampu memperkuat peran tenaga kesehatan khususnya ahli gizi dalam memberikan peningkatan pengetahuan dan pemahan masyarakat. Dalam penguatan makanan bergizi dan seimbang, sehingga nantinya berpengaruh terhadap minimalisir bahkan penurunan masalah gizi buruk dan stunting di Kabupaten Bogor, sehingga karsa Bogor sehat dapat tewujud dengan optimal,” jelas Mike.

Di tempat yang sama, Kabid Kesmas Dinkes Kabupaten Bogor, Dede Agung P mengungkapkan, penurunan angka stunting merupakan fokus Pemkab Bogor untuk menciptakan masyarakat sehat dan produktif. Bahkan tahun 2020 pihaknya bekerjasama dengan Bappedalitbang sebagai koordinator seluruh Perangkat Daerah berperan aktif mendorong penurunan stunting melalui dukungan program kegiatan yang mengarah pada intervensi stunting.

“Kita akan terus berkolaborasi dengan seluruh sektor dalam menurunkan bahkan meminimalisir stunting. Karena untuk mewujudkan masyarakat dan Kabupaten Bogor sehat perlu kerjasama yang kuat dari semua sektor,” imbuhnya. [] Admin / Diskominfo Kabupaten Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *