Tumpukan sampah di Kalibaru, Rabu (12/6/2019)

Pemkab dan Pemkot Bogor Harus Cari Solusi Permanen Atasi Sampah Menumpuk di Kalibaru

NETIZEN – BOGOR-KITA.com – Ibarat Genteng bocor, ganti gentengnya.Tindakan sementara perlu, namun tindakan permanen dengan mengatasi sebab dan cari solusi lebih penting.

Persoalan menumpuknya sampah di Kalibaru di sekitar simpang tiga Bojonggede – Tegar Beriman, Kabupaten Bogor sudah sering dilakukan pengerukan. Namun persoalan kenapa sampah selalu menumpuk di lokasi ini sepertinya belum pernah dilakukan identifikasi atau saya tidak tahu dan apa solusinya.

Sampah di lokasi ini sudah berawal dari Pintu Air Cisadane di Empang, Bogor Selatan. Mengalir ke arah Utara di Paledang, Merdeka, Ciwaringin, Pondok Rumput, Cibuluh, Kedungbadak, Sukaresmi di Kota Bogor.

Persoalan semakin rumit ketika masuk di sisi barat jalan Cilebut di jalan Baru / Soleh Iskandar. Sepanjang jalan ini semakin kacau balau. Entah berapa titik timbulan sampah berguguran dari pinggir jalan Cilebut dan perkampungan di sekitarnya.

“Ibu @ademunawarohyasin dan Kang @bimaaryasugiarto, duduk asyik sambil ngopi sambil cari solusi bagaimana mengganti genteng yang bocor. Kalibaru dari Kota-Kabupaten Bogor sampai Depok juga tetap asyik bila ditata” tulis Suparno Jumar di akun instagramnya.

Coba rasakan bila lewati jalan Cilebut. Buka kaca mobil, jalan pelan. Aromanya bikin hidung merundung.

Saya yakin, warga Bogor Raya akan bangga bila sungai ini bersih dan ditata rapi oleh pemerintah dengan peran serta dunia usaha, akademisi, komunitas, masyarakat dan media. Buktikan bahwa kita ada petarung sejati.

Habis itu ajak kami semua ngopi di pinggir kali ini. [] Suparno Jumar – Relawan Komunitas Peduli Ciliwung

Cat: BOGOR-KITA.com menampung opini, informasi fasilitas umum / sosial atau pengalaman perjalanan wisata beserta foto. Semua kiriman yang dinilai berkaitan bagi kepentingan publik akan ditayangkan dan menjadi tanggung jawab penulis/pengirim. (Redaksi)



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *