Regional

Pemegang Kartu Indonesia Pintar Bisa Gratis Biaya Kuliah di ITB

BOGOR-KITA.com, BANDUNG – Untuk tahun ini, mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung (ITB) bisa memilih lima opsi uang kuliah, mulai dari pembayaran penuh hingga pembebasan biaya kuliah sama sekali. ITB juga memberikan kesempatan kuliah gratis bagi mahasiswa baru walaupun masuk melalui jalur ujian Seleksi Mandiri.

Direktur Pendidikan ITB, Dr. techn. Ir. Arief Hariyanto mengatakan, Seleksi Mandiri ITB tahun 2021 menerima pendaftar pemegang Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) yang jika lolos seleksi akan dibebaskan dari biaya kuliah atau masuk kategori UKT1 Rp0.

“Kondisi pandemi telah mempengaruhi ekonomi Indonesia secara umum, termasuk ITB. Namun demikian, ITB tetap berusaha memberikan kesempatan pendidikan terbaik kepada para mahasiswa ITB,” kata Dr. Arief dalam keterangan persnya, Kamis (3/6) sebagaimana dikutip website resmi Pemprov Jabar, Jumat (4/6/2021).

Baca juga  ITB dan Osaka University Selenggarakan Workshop Keilmuan Fisika

Selain opsi UKT1 sebesar Rp0 atau bebas biaya untuk pemegang KIP-K, ITB juga membuka opsi pembayaran UKT lain, yaitu UKT2, UKT3, UKT4 hingga UKT5, dengan besaran tiap UKT bervariasi.

Pada UKT2, biaya per semester adalah adalah Rp1 juta, UKT3 sebesar Rp12,5 juta per semester dan UKT4 sebesar Rp20 juta per semester. Sementara pada UKT penuh, yaitu UKT5 sebesar Rp25 juta per semester.

Menurut Dr. Arief, Pendaftaran Seleksi Mandiri ITB Tahun 2021 masih dibuka hingga tanggal 10 Juni 2021. Para peserta dapat langsung memilih program studi yang diinginkan.

“Seleksi Mandiri ITB tahun ini akan menerima kurang lebih 1.327 mahasiswa baru,” kata Dr. Arief.

Baca juga  Mahasiswa Baru ITB Bakal Memulai Kuliah Tatap Muka

Dia menambahkan, mahasiswa baru Seleksi Mandiri ITB 2021 yang telah dinyatakan diterima, dapat mengajukan UKT lebih rendah dari UKT5 melalui formulir pendaftaran yang akan disampaikan melalui website https://admission.itb.ac.id.

Dalam pengajuan tersebut, calon mahasiswa wajib menyertakan data pendukung, yaitu data-data yang menyatakan kemampuan ekonomi keluarganya.

“Pengumuman persetujuan pengajuan UKT di bawah UKT5 akan disampaikan sebelum masa pendaftaran ulang, sehingga calon mahasiswa sudah mengetahui sebelum melakukan pendaftaran ulang,” katanya.

Dr. Arief menegaskan, penerapan UKT yang fleksibel ini juga telah dilakukan pada Seleksi Mandiri ITB tahun 2020 lalu.

“Jumlah mahasiswa yang menerima UKT di bawah UKT5 tentu akan bervariasi tergantung dari kondisi keuangan keluarga calon mahasiswa dan kemampuan finansial ITB,” ujar dia. [] Imam

Baca juga  Mahasiswa Baru ITB Bakal Memulai Kuliah Tatap Muka
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top