Kota Bogor

Pembina Pramuka Diharapkan Mampu Jadi Teladan

BOGOR-KITA.com – Sebanyak 120 pembina Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Kota Bogor mengikuti Seminar dan Lokakarya (Semiloka) di Aula SMK Negeri 3 Kota Bogor Jalan Pajajaran, Bogor Utara, Selasa (31/7/2018).

Semiloka tersebut bertujuan untuk membantu para pembina pramuka baik dari golongan Siaga, Penggalang dan Penegak untuk menyusun narakarya dan naratama. Penyusunan ini juga menjadi salah satu syarat pembina jika ingin naik ke tingkat selanjutnya.

“Membuat narakarya dan naratama menjadi kewajiban setiap pembina pramuka yang sudah mengikuti pelatihan Kursus Mahir Dasar (KMD) dan Kursus Mahir Lanjutan (KML),” ujar Andalan Cabang Urusan Binawasa Kwarcab Kota Bogor, Endang Suhandi.

Ia menambahkan, lewat semiloka peserta akan diberikan materi tentang bagaimana menyusun narakarya dan naratama di gugus depannya masing-masing. Karena banyak juga dari pembina pramuka yang belum memahami hal tersebut. Sehingga ketika selesai KMD dan KML tidak membuat laporannya.

Baca juga  Dedie Rachim Minta Anggota Pramuka Jadi Duta Perubahan Perilaku di New Normal

“Narakarya atau naratama ini mirip-mirip seperti pembuatan skripsi. Makanya kami ajari disini dengan detail dan lengkap biar mereka bisa menyusunnya dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, narakarya dan naratama ini menjadi bentuk kewajiban sekaligus bagian tugas setelah KMD dan KML. Dirinya sangat berharap adanya semiloka ini dimanfaatkan peserta untuk belajar dan menghasilan narakarya atau naratama yang terbaik.

“Pembina pramuka itu harus menjadi teladan dan contoh dalam bersikap dan berperilaku sesuai dengan dasa dharma pramuka karena akan juga berpengaruh pada kualitas anak didiknya,” pungkasnya. [] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top