Kejuaraan Panahan di Lapangan Softball Komplek GOR Pajajaran, Jalan Ahmad Yani, Kota Bogor, Rabu (10/7/2019).

Meningkat, Peserta Kejuaran Panahan di Kota Bogor

BOGOR-KITA.com – Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Bogor Eko Prabowo membuka 3rd Bogor Open Archery Championship (3rd BOAC) 2019 di Lapangan Softball Komplek GOR Pajajaran, Jalan Ahmad Yani, Kota Bogor, Rabu (10/7/2019). Menurut Eko, kejuaraan yang sudah digelar sejak 2017 ini merupakan kalender rutin tahunan Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Bogor.

“Jumlah pesertanya terus meningkat setiap tahun. Terlihat semangat dari para peserta yang membawa busur dan panah, bahkan usia SD. Semangat yang sama sering saya lihat dari para atlet panahan Kota Bogor yang setiap hari berlatih di komplek GOR Pajajaran, sebagai bentuk pembinaan,” ungkap Eko.

Eko menilai, Kejurnas panahan antar klub 3rd BOAC ini menjadi salah satu kegiatan pembinaan bagi para atlet panahan, khususnya bagi para atlet usia sekolah yang kedepannya akan menjadi atlet-atlet panahan yang handal.

“Dan secara tidak langsung akan tercipta atlet-atlet generasi muda untuk kegiatan O2SN, POPDA, PORDA dan PON, yang di mulainya dari bawah. Kedepan para atlet panahan yang berpartisipasi dan berhasil meraih juara akan dibina lebih lanjut oleh Dispora, pengurus cabang maupun KONI daerah masing-masing,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Perpani Kota Bogor Rizal Barnadi menjelaskan, selain sebagai pembinaan diharapkan ada pemetaan kekuatan dan perkembangan atlet panahan di Indonesia.

Bagi Kota Bogor, Rizal menilai kejuaraan tersebut dijadikan pemicu mengembangkan olahraga panahan dan modal untuk bersaing dengan atlet panahan dari daerah lain.

“Dari 723 peserta, dibagi menjadi beberapa kategori, mulai dari SD kelas 1 hingga 3, SD kelas 4 hingga 6, SMP, U-17 dan umum dalam format pertandingan compound, recurve dan nasional,” kata Rizal.

Output yang didapat dari kejuaraan ini, lanjut dia, adalah menjadi tolak ukur bagi pembinaan atlet di daerah masing-masing “Serta tidak menutup kemungkinan bagi peserta kategori compound dan recurve yang juara akan diadu dengan para atlet panahan peserta pelatnas dan bisa menggeser mereka guna hadapi event-event olahraga internasional,” pungkas Rizal. [] Admin/Humas pemkot Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *