Fahri Sinulingga

Mahasiswa IPB Teliti Mata Ikan Tuna Jadi Suplemen Cegah Stunting

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – Bermodal memanfaatkan mata ikan tuna, mahasiswa Departemen Teknologi Hasil Perairan (THP) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Fahri Sinulingga berhasil mendapatkan beasiswa penelitian Indofod Riset Nugraha (IRN).

Dalam siaran pers yang diterima BOGOR-KITA.com, Selasa (18/2/2020), dikatakan, proposal penelitian Fahri yang dibimbing Dr Ir Wini Trilaksani, MSc dan Bambang Riyanto, SPi, MSi berjudul “Suplemen Extra Virgin Fish Oil Mata Tuna Terfortifikasi Antioksidan Alami Kayu Secang” ini diperuntukkan untuk ibu hamil sebagai langkah preventif mengatasi permasalahan stunting di Indonesia.

“Sebenarnya alasan saya melakukan riset ini adalah karena kasus stunting di Indonesia sangat tinggi. Tahun 2018 dilaporkan oleh Balitbangkes, angka stunting di Indonesia mencapai 30,8 persen atau 89 juta jiwa. Artinya satu dari tiga anak di Indonesia berisiko stunting,” tutur mahasiswa tingkat akhir itu.

Menurut Fahri, penelitiannya ini terbilang unik sehingga bisa mendapatkan beasiswa INR. Selain membahas stunting, keunikan dari penelitian ini yaitu memanfaatkan hasil samping pengolahan perikanan tuna yaitu mata ikan tuna.

“Alhamdulillah mungkin ide penelitian saya kreatif atau unik ya. Selain membahas isu startegis yaitu stunting, bahan utama penelitian ini adalah mata ikan tuna sirip kuning. Ikan tuna sirip kuning ini di Indonesia potensinya sangat melimpah dan juga memiliki kandungan yang sangat penting bagi tubuh,” tambah Fahri.

IRN memilih 63 dari 318 proposal yang layak menerima bantuan dana riset. Mereka berasal dari 33 Perguruan Tinggi Negeri dan 12 Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Beasiswa IRN juga membatasi dan memberikan kuota beasiswa hanya 3-4 orang/perguruan tinggi dengan proposal terbaik. IPB University berhasil menerima empat beasiswa dua diantaranya adalah dari FPIK dengan satu proposal dari Departemen Budidaya Perairan (BDP) dan satu proposal dari THP, yang mana THP selalu menjadi langganan beasiswa IRN setiap tahunnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *