Wakil Walikota Dedie A Rachim hadiri peluncuran buku panduan wisata Pulo Geulis Dalam Infografis, Kamis (24/10/2019).

Kelurahan Babakan Pasar Gandeng PNJ Luncurkan Buku Wisata Pulo Geulis

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah  bekerjasama dengan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) meluncurkan buku yang menceritakan tentang sejarah Pulo Geulis yakni Wisata Pulo Geulis Dalam Infografis.

Dipilihnya Pulo Geulis dalam buku infografis ini karena Pulo Geulis mempunyai sejarah masa lalu Kota Bogor dan juga merupakan simbol Kota Bogor.

Wakil Walikota Dedie A Rachim yang hadir dalam peluncuran buku panduan wisata Pulo Geulis Dalam Infografis mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa PNJ yang telah menyerahkan hasil studi terkait wisata Pulo Geulis.

“Dengan buku panduan wisata infografis Pulo Geulis yang di keluarkan oleh temen temen PNJ ini mudah mudahan wisatawan yang akan datang ke Kota Bogor paling tidak mempunyai pengetahuan baru ada namanya Pulo Geulis yang layak dan patut untuk di kunjungi,” ucapnya, Kamis (24/10/2019).

Menurut Dedie, Pulo Geulis merupakan simbol keberagaman Kota Bogor, Karena keberagaman kota Bogor sangat penting di tengah tengah situasi intoleran dan di  situasi radikalisme. “Jadi kita menginginkan dengan adanya buku ini menjadi gambaran baru masyarakat kota Bogor mempunya satu icon wisata yang luar biasa,” katanya.

Selain dengan buku panduan wisata infografis ini, lanjut Dedie di Pulo Geulis juga harus mempunyai program beauty fikasi. ” Beauty fikasi itu adalah bagaimana kita berusaha untuk menjadikan wilayah ini menjadi bersih , hijau, tertib, aman dan nyaman. Selain itu kita juga harus siapkan sarana prasarana lainnya seperti tempat parkir dan tempat ibadah,” jelasnya.

Sementara, Lurah Babakan Pasar Rena Da Frina menuturkan buku wisata Pulo Geulis dalam infografis ini merupakan tindak lanjut dari penandatanganan MoU Wali Kota Bogor dengan Panorama Group. Sebab, panorama group memfasilitasi untuk menjadikan Pulo Geulis sebagai destinasi wisata dan perjanjiannya itu selama tiga tahun.

“Nah Panorama group itu menggandeng PNJ, karena PNJ banyak menghasilkan atau mengintervensi kampung kampung wisata yang ada di Indonesia,” terang Rena.

Pada tahun pertama, lanjutan Rena pihaknya fokus kepada pembentukan sumber daya manusia (SDM). Dengan demikian, saat ini m ada sekitar 13 pelatihan khusus bagi warga Pulo Geulis, mulai dari pelatihan keterampilan, akutansi, pembukuan , koperasi , pembuatan website untuk mendukung kampung wisata. 

“salah satunya dari 15 item yang di garap tahun ini adalah pembuatan buku infografis. Yang jelas buku promosi Pulo Geulis, isinya tentang sejarah Pulo Geulis, kuliner Pulo Geulis pokonya informasi terkait dengan Pulo Geulis. nantinya buku ini akan diperbanyak dan di letakan di hotel hotel, Bisa dan di mall,” terangnya.

Ia pun menambahkan, di tahun kedua dirinya belum mengetahui apalagi yang di terbitkan,  tetapi ia menjelaskan bahwa di tahun  kedua isi bukunya akan lebih detail. “Mereka intervensi kita selama tiga tahun untuk pertama ini lebih ke SDM sampai nanti tahun ke tiga sarana dan prasarana,” pungkasnya. [] Ricky



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *