Regional

Kapolres: Pilkades Serentak di 22 Desa Berjalan Kondusif

Kapolres Bogor Sonny Mulvianto

BOGOR-KITA.com – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) di 22 desa di 19 kecamatan di Wilayah Kabupaten Bogor yang berlangsung serentak, Minggu (21/12), berjalan lancar. Hal ini dikemukakan Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Bogor, AKBP Sonny Mulvianto saat memantau jalannya pilkades di salah satu tempat pemungutan suara (TPS) di Lapangan Bola, Kampung Gunung Geulis, Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Minggu (21/12).

“Pelaksanaan pilkades relatif kondusif,” kata Kapolres Sonny Mulvianto.

Kapolres mengemukakan, untuk mengamankan pilkades, pihaknya menurunkan sebanyak 400 personel dibantu 1 kompi Brimob Polda Jawa Barat yang disebar di 21 desa. Satu desa lainnya, yakni Desa Waringin Jaya, Kecamatan Bojong Gede berada di wilayah hukum Polres Metro Depok sehingga pengamanannya dilakukan oleh Polsek Bojong Gede dan Polres Depok.

Baca juga  Tiga Cara Meminimalisir Politik Uang di Pilkades

“Kita ingin memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat Bogor. Karena itu semua personel yang kita terjunkan aktif melakukan pengamanan dari awal hingga ditetapkannya pemenang,” kata Kapolres.

Lebih lanjut dikatakan Kapolres, hingga pukul 15.00 WIB, pelaksanaan pilkades relatif kondusif. Menurutnya, hal ini karena sebelumnya, pihaknya bersama Kabagops, dan para Kasat sudah melakukan pertemuan dan sosialisasi dengan para calon kades.

"Kita ingatkan jangan sampai berbuat anarkis dengan mengerahkan pendukungnya jika kalah dalam pilkades nanti," kata Sonny.

Sementara itu, Camat Sukaraja, Aden mengapresiasi, tingginya antusiasme warga mengikuti gelaran pilkades di Desa Gunung Geulis. Antusiasme ini, merupakan cermin kedewasaan berpolitik masyarakat. “Alhamdulillah, dari total 4.956 pemilih, seluruhnya hadir dan memilih empat calon yang maju. Kita juga mengapresiasi polisi yang mau terjun dan menjaga keamanan, sebab kerawanan dan potensi kericuhan dalam pilkades tak dipungkiri juga sangat tinggi,” paparnya.

Baca juga  Jelang Pilkades, Desa Cikodom Meriah dengan Alat Peraga

Pantauan PAKAR, gelaran pilkades di Desa Gunung Geulis diuikuti empat orang calon di antaranya Acep Kamaludin, Jimmy, Didi Hidayat dan Adang. Hingga berita ini diturunkan, proses penghitungan suara masih terus dilakukan. [] Harian PAKAR/Admin

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top