Laporan Utama

Kantor Imigrasi Bogor akan Data Orang Asing

BOGOR-KITA.com – Memimpin Imigrasi Bogor sangat berbeda dengan Imigrasi wilayah lain. Permasalahan imigrasi Bogor sangat kompleks, terutama menyangkut masalah orang asing atau imigran.

“Kuncinya adalah melakukan sinergitas serta kompak menyatukan langkah bersama dengan dinas instansi terkait dalam pelaksanaan tugas keimigrasian,” kata Didik Heru Praseno Adi dalam sambutan serah terima jabatan kepada penggantinya Herman Lukmandi Kantor Imigarsi Bogor, Senin (3/11). Herman Lukman sebelumnya menjabat sebagai Kasubag Mutasi Direktorat Jendral Imigrasi Pusat. Didik kini dipercaya menjadi Kepala Kantor Imigrasi kelas 1 Samarinda, Kalimantan Timur.

Didik mengemukakan, kerjasama lintas sektoral juga harus dibangun baik. “Tetapi yang paling utama adalah pengawasan terhadap orang asing,” kata Didik.

Kantor Imigrasi kelas II Bogor di bawah kepemimpinan Didik Heru Praseno Adi, berhasil menerapkan system One Stop Service (OSS) atau System Pelayanan Paspor Terpadu (SPPT) yang sangat memudahkan pemohon paspor. “Saya yakin Kepala Kantor Imigrasi Bogor yang baru yakni Bapak Herman Lukman akan membawa perubahan kemajuan lebih baik lagi,” kata Didik.

Herman Lukman mengatakan, dirinya akan meneruskan seluruh program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan oleh kepala kantor yang lama. Terkait orang asing atau imigran, Herman Lukman mengatakan akan membuat sejumlah program terobosan. Antara lain melakukan pendataan dan memetakan kantung-kantung orang asing yang berada di wilayah Bogor. Dalam hal ini, Kantor Imigrasi Kelas II Bogor akan menjalin kerjasama dengan hotel yang ada diseluruh Bogor, baik di wilayah kota maupun kabupaten. “Jadi setiap ada orang asing yang chek-in di hotel tersebut, datanya langsung terkoneksi dan masuk ke dalam data di Imigrasi. Sistemnya sangat mudah, kuncinya kerja sama dengan hotel. Sudah ada yang menerapkan sistem tersebut, di Bogor kita akan terapkan,” pungkas Herman.[] Harian PAKAR/Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top