Kab. Bogor

Kades Putat Nutug, Ciseeng Berencana Bikin Mobil Posyandu Keliling

Mad Darmawan

BOGOR-KITA.com, CISEENG – Setiap ada pergantian tampuk pimpinan pemerintahan desa, ada saja hal yang mencuat jadi permasalahan. Mulai dari soal pergantian “kabinet” di pemerintah desa (pemdesp pergantian pengurus lingkungan dan lainnya.

Di Desa Putat Nutug, Kecamatan Ciseeng, pasca kepala desa berganti, lain lagi cerita yang muncul. Di desa ini, 13 pos pelayanan terpadu yang ada, ternyata tidak bisa lagi digunakan, karena sudah diambil pemiliknya.

“Ada 13 posyandu dan pemdes di bawah saya tidak punya aset pos yang ditinggalkan oleh pemdes terdahulu. Karena memang semua aset perorangan bukan milik pemdes,” ungkap Mad Darmawan, Kepala Desa Putat Nutug, Selasa (30/3/2021).

Menyikapi kondisi tersebut, lanjut Kades Darmawan, dirinya lebih memilih akan membuat satu inovasi program yaitu membeli satu unit mobil yang akan dirancang sedemikian rupa, untuk dijadikan mobil posyandu keliling.

Baca juga  Posyandu Keliling, Solusi Pelayanan Ibu Hamil di Masa Pandemi

“Jadi untuk efisiensi anggaran dan tidak usah mengeluarkan anggaran besar untuk membeli lahan atau membangun posyandu,” ungkapnya.

Mad Darmawan menjelaskan, rencana inovasi pengadaan mobil posyandu keliling tersebut sudah ia komunikasikan dan koordinasikan dengan Pemerintah Kecamatan Ciseeng, Dinas PMD dan anggota DPRD agar bisa sesuai aturan.

Di mobil posyandu keliling tersebut, lanjutnya, akan ada sejumlah alat atau fasilitas pelayanan posyandu seperti alat sosialisasi layar monitor, komputer, timbangan dan tenda praktis serta alat lainnya.

“Yang mengoperasikan pelayanan tetap kader posyandu dan bidan desa. Pengemudinya pun pasti perempuan, biar sama gendernya. Insya Allah rencana ini akan kami laksanakan, tinggal menunggu ada anggarannya,” tutup Mad Darmawan. [] Fahry

Baca juga  PKK Kota Bogor Gelar Posyandu Keliling Cegah Stunting di Masa Pandemi
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top