Kota Bogor

Jelang Asean Para Games, Timnas Basket Kursi Roda Indonesia Ikuti Training Camps 3×3 Wheelchair Basketball Championship

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Timnas Bola Basket Kursi Roda sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti Asean Para Games 2025.

Untuk melatih teknik, fisik dan mentalitas para pemain timnas Bola Basket Kursi Roda mengikuti Training Camps 3×3 Wheelchair Basketball Championship di Fullbelly Sport, Kelurahan Cibuluh, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor.

Training Camps 3×3 Wheelchair Basketball Championship juga diikuti tim Bola Basket Kursi Roda dari negara ASEAN lainnya seperti Singapura, Thailand, Fhilipina, Camboja, dan Laos.

Manager Timnas Wheelchair Basketball Indonesia, Bagus Andrian mengatakan kegiatan ini merupakan agenda rutin dari Federasi Bola Basket Kursi Roda Internasional (IWBF) bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), NPCI, juga komunitas Wheelchair Basketball di Indonesia.

Baca juga  SIM Keliling Kamis 20 Juli di Mall Boxies Tajur

“Jadi ini timnas yang baru dibentuk kita kerjasama dengan Jakarta Swift dan komunitas bola basket kursi roda yang ada di Indonesia,” ucap Bagus Andrian kepada wartawan pada Sabtu (29/6/2024) malam.

Bagus menjelaskan, kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan mental, fisik, dan pengalaman atlet menuju event Asean Para Games 2025 di Thailand.

Sebelum mengikuti Training Camps 3×3 Wheelchair Basketball Championship ini, lanjut Bagus Timnas Indonesia sebelumnya telah melakukan studi banding ke Thailand, hak itu dilakukan karena Thailand sering mendulang emas dalam setiap kejuaraan Wheelchair Basketball.

“Karena mereka penyumbang emas kita ingin tahu programnya seperti apa, dan kita belajar bagaimana caranya memanage tim Wheelchair Basketball yang bagus,” katanya.

Baca juga  Dibuka Dedie Rachim, Kota Bogor Jadi Tuan Rumah Kejurnas KU 17 Antar Klub Bola Basket

Usai kegiatan training camp ini, kata Bagus pihaknya akan bekerja sama dengan Kemenpora untuk menyelenggarakan liga bola basket kursi roda di Indonesia.

“adi ingin buat industrinya dan kita ingin memfasilitasi kawan-kawan disabilitas untuk bermain basket kita sediakan programnya dan kita sediakan wadahnya,” ujarnya.

Ia berharap, melalui event ini kedepannya olahraga Wheelchair Basketball akan semakin diminati oleh masyarakat di Indonesia khususnya para penyandang disabilitas. Sehingga akan semakin banyak lagi atlet disabilitas yang berprestasi dan juga menyumbangkan emas dalam setiap kejuaraan, baik nasional, maupun internasional.

“Kedepannya basket ini bukan hanya secara umum tetapi kawan-kawan disabilitas bisa join di para basket karena industrinya sudah semakin diminati,” pungkasnya. [] Ricky

Baca juga  Kota Bogor Aman, Nyaman dan Kondusif
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top