Departemen Arsitektur Lanskap IPB University

IPB University Akan Percantik Istana Presiden di Cipanas

BOGOR-KITA.com – Departemen Arsitektur Lanskap Fakultas Pertanian (Faperta) IPB University lakukan pertemuan dengan pimpinan Sekretariat Istana Kepresidenan. Dalam pertemuan tersebut, Fakultas Pertanian diwakili Dekan Fakultas Pertanian, Dr Ir Suwardi, Wakil Dekan Bidang Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan, Dr Ir Ahmad Junaedi, Kasubdit Kerjasama, Drh. Fadjar Satrija, Phd dan para dosen dari Departemen Arsitektur Lanskap. 

Sementara dari pihak Istana Kepresidenan diwakili oleh Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden, Ucu dan Kepala Istana Kepresidenan Cipanas, Sinta Puspitasari beserta staf.

Dalam keterangan pers yang diterima BOGOR-KITA.com, Kamis (6/8/2019), pertemuan tersebut membahas tentang tindak lanjut kerjasama yang telah ditandatangani kedua pihak. Yakni tentang teknis penataan lanskap Istana Presiden di Cipanas, Kabupaten Bogor. 

Menurut Ucu, Istana Cipanas menjadi tempat istirahat pada waktu-waktu tertentu bagi presiden atau wakil presiden dan keluarga. Selain itu, kini istana menjadi tujuan kunjungan wisata dari berbagai kalangan.

“Luas lahan Istana Cipanas adalah 28 hektar. Disamping memiliki bangunan istana dan beberapa bangunan penunjang, dalam kawasan istana terdapat kolam renang, Telaga Kahuripan, kandang kuda, blok hutan koleksi, dan beragam  pohon-pohon tua. Dengan beragam bangunan dan tanaman yang terdapat dalam kawasan diperlukan penataan berdasarkan master plan agar tersedia panduan dalam mengembangkan Istana Cipanas menjadi tidak saja nyaman karena iklimnya sejuk, tetapi juga harus tampil menarik tidak kalah dengan istana kepresidenan negara lain,” ujarnya.

Baca juga  Ini Kesepakatan Kongres Kebangkitan Mahasiswa Aliansi BEM SI di IPB

Pertemuan ini menyepakati bahwa untuk penataan lanskap Istana Cipanas akan dimulai dari pembuatan masterplan, diikuti dengan site plan dan detail desain yang akan melibatkan pakar lanskap dari beberapa divisi di Departemen Arsitektur Lanskap IPB University dan juga akan melibatkan mahasiswa.

“Kami sepakat untuk membuat masterplan keseluruhan kawasan istana dan membuat site plan serta detail desain untuk area di sekitar gedung induk istana dan Telaga Kahuripan. Dengan kerjasama ini diharapkan dalam waktu dekat, area di sekitar gedung induk dan Telaga Kahuripan akan mendapat detail desain sebagai pedoman dalam membuat kedua area ini lebih cantik sehingga Presiden, para tamu, dan pengunjung yang datang ke Istana Presiden Cipanas akan lebih  menikmati indah dan sejuknya Istana Cipanas,” ujar Dekan Faperta, Dr Ir Suwardi. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *