Foto bersama pasca penandatangan MoU antara IPB dengan Chonbuk National University, Korea

IPB Teken MoU  dengan Chonbuk National University Korea

BOGOR-KITA.com – Institut Pertanian Bogor (IPB) melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding  (MoU) dengan salah satu perguruan tinggi ternama Korea Selatan, Chonbuk National University di di IPB International Convention Center (IICC), Bogor, Kamis (9/5/2019).

Dalam rilis yang diterima BOGOR-KITA.com, Selasa (14/5/2019), penandatanganan dilakukan oleh Rektor IPB, Dr. Arif Satria  didampingi Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Sistem Informasi IPB, Prof. Dr. Dodik Ridho Nurrochmat. Sementara dari Chonbuk National University (CNU) diwakili Vice President of Student Affairs and Career Support, Professor Johann Kim, dan Professor Suhn Hee Kim selaku Director of Student Affairs.

Dr. Arif Satria mengatakan Korea Selatan merupakan negara penting di dunia internasional.

“Korea Selatan kini menjadi salah satu negara penting di dunia internasional. Korea Selatan pun memiliki hubungan yang sangat dekat dengan Indonesia, maka dari itu akan sangat baik jika kedekatan ini juga dirasakan antara universitas yang ada di kedua negara. IPB pun sudah memiliki banyak sekali kerjasama dengan universitas di Korea Selatan, dan salah satunya adalah Chonbuk National University yang belum lama ini Rektor-nya telah berkunjung ke IPB. Semoga dengan adanya kerjasama ini, kedua universitas bisa terus bertumbuh ke arah yang lebih baik,” tutur Rektor IPB.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Dodik Nurrochmat merinci potensi kerjasama IPB dengan CNU.

 “IPB kini memiliki 24 pusat riset, sembilan fakultas, dan tiga sekolah. Kami juga memiliki 500 lebih mahasiswa internasional, serta lebih dari seribu mahasiswa yang melakukan short term program di IPB melalui program Student Exchange, Short Course, ataupun Summer Course program. Maka dari itu kami merasa dengan adanya kerjasama dengan Chonbuk National University akan mampu meningkatkan mobilitas internasional mahasiswa kedua universitas,” katanya.

Prof. Johann Kim menyampaikan kesan pertamanya saat mengunjungi Indonesia dan Bogor khususnya. “Saya senang sekali bisa berkunjungan ke Indonesia, ini pertama kalinya saya menikmati keindahan negara ini. Saya pun sangat menikmati suasana malam di Bogor, sangat ramai dan sejuk. Saya pun turut senang dan menyampaikan salam dari Rektor baru kami untuk suksesnya kerjasama antara IPB dengan CNU. Saya juga senang sekali pihak IPB yang sangat responsif ketika pihak kami menghubungi, karena itulah IPB menjadi salah satu prioritas kami untuk membangun kerjasama antar perguruan tinggi di kawasan Asia,” ungkapnya.

Prof. Suhn Hee Kim menjelaskan beberapa hal yang menjadi potensi dari kerjasama antara Chonbuk National University dan IPB.

“Chonbuk National University memiliki berbagai macam fasilitas riset berteknologi tinggi, mulai dari LED Agriculture hingga High-Temperature Plasma Application dan banyak lagi tentunya. Universitas kami terletak agak jauh dari pusat kota, dan sangat cocok menjadi area percontohan untuk industrialisasi pertanian. Kami akan sangat senang sekali apabila ada mahasiswa-mahasiswa IPB yang bisa melakukan pertukaran pelajar atau melanjutkan studi, agar bisa meningkatkan kapasitas keilmuannya dan mengenal lebih dalam kebudayaan yang ada di Korea Selatan,” ungkap Director of Student Affairs Chonbuk National University ini.  [] Admin 



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *