Kab. Bogor

IPB Mulai Gelar Seminar Skripsi Mahasiswa Secara Online

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – IPB University mulai menggelar seminar hasil penelitian atau uji skripsi mahasiswa secara online. Seminar skripsi secara online itu mulai dilakukan Kamis (16/4/2020).

Seminar skripsi ini dilakukan secara online karena Rektor IPB University sebelumnya mengeluarkan surat edaran pembatasan masuk kampus sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Segala kegiatan akademik seperti ujian, kegiatan perkuliahan, praktikum, serta seminar dan sidang hasil penelitian dilaksanakan secara online. Berbagai aplikasi online yang mendukung jalannya kegiatan akademik di IPB University seperti new LMS dan aplikasi video conference google meeting mulai dimanfaatkan.

Mahasiswa pertama yang menghadapi uji skripsi secara online itu adalah Ilfia Shahirah dari Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK) Fakultas Ekologi Manusia (Fema).

Baca juga  Alumni IPB University Wakafkan Tanahnya untuk Bangun Pesantren Pemuda Agropreneur

Ilfia Shahirah mengajukan hasil penelitiannya dengan judul skripsi “Study of Indonesian Consumer Complaint Behavior Based on Ethnics, Generations, and Social Demographics” di bawah bimbingan Dr Megawati Simanjuntak.

“Allhamdulilah sangat bahagia karena sudah melaksanakan seminar hasil penelitian dengan lancar. Kendala yang saya hadapi saat melakukan seminar online ini yaitu gangguan dari notifikasi peserta yang keluar masuk di aplikasi google meeting. Harapan saya ke depannya ada kebijakan peserta tidak boleh keluar dari forum sampai moderator menutup jalannya seminar,” ujar Ilfi, dilansir dari Humas IPB.

Sementara itu, Dr Megawati Simanjuntak mengatakan, pelaksanaan seminar hari ini berlangsung baik dengan jumlah peserta sangat banyak. Hal ini merupakan anugerah dari berlangsungnya seminar online. Selain itu mahasiswa peserta seminar juga tetap aktif dan kritis dalam memberikan masukan terhadap hasil penelitian yang disampaikan. Ke depannya Dr Megawati berharap agar penyelenggaraan seminar secara online dapat lebih efektif lagi.

Baca juga  Pemkab Karawang Belum Berniat Lakukan Karantina Wilayah

Komisi Pendidikan Departemen IKK, Dr Yulina Eva Riany menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk kelancaran seminar ke depannya. Seperti proses pengisian daftar hadir seminar yang harus dicek kembali kehadirannya karena ada beberapa mahasiswa yang mengisi daftar hadir namun langsung meninggalkan forum seminar. [] Admin

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top