Kab. Bogor

Hasil Budidaya Gurame WBP Lapas Narkotika Kelas IIA Gunungsindur Akan Diekspor Ke Malaysia

BOGOR-KITA.com, GUNUNGSINDUR – Pelatihan budidaya ikan gurame yang diberikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Narkotika Kelas IIA Gunungsindur bekerjasama dengan CV. Dejeefish akan dilaksanakan secara berkelanjutan.

Dedy Cahyadi Kepala Lapas Narkotika Kelas IIA Gunungsindur menjelaskan, pelatihan tersebut merupakan bentuk kerjasama dengan CV. Dejeefish guna pengembangan Sumber Daya Manusia Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

“Pelatihan berlangsung selama 6 hari, sejak tanggal 31 Oktober 2023. Giat ini diikuti oleh 40 warga binaan. Semoga dengan giat pelatihan ini, di masa depan warga binaan pemasyarakatan dapat berusaha secara mandiri,” harap Dedy.

Sebagai informasi, pelatihan budidaya ikan gurame ini nanti nya bukan hanya sekedar membuat WBP mendapatkan teknik pembibitan dan membesarkan ikan gurame, namun sekaligus juga mempersiapkan pangsa pasar bagi hasil panen budidaya ikan gurame untuk dijadikan komoditi ekspor ke luar negeri.

Baca juga  Rektor Unhan: Perlu Manajemen Pengelolaan Bencana Terutama di Masa Pandemi

“iya kami dari CV Dejeefish juga sudah menyiapkan pemasaran hasil budi daya ikan gurame para warga binaan ini untuk di ekspor ke Malaysia,” ungkap Deni Rismawan Direktur CV Dejeefish, Jum’at (3/11/2023).

Ia menjelaskan, kegiatan pelatihan pembenihan dan pembesaran ikan gurame ini merupakan bentuk kerja sama dan komitmen CV Dejeefish dan Lapas Narkotika Gunungsindur dalam pengembangan SDM WBP terutama di bidang atau sektor pertanian/perikanan.

“Rencana ekspor ikan gurame hasil budidaya WBP itu sendiri merupakan bagian pengembangan bisnis kami yang berada di Malaysia,” tutupnya.

Sementara Whisky Wilson Kepala Seksi Kegiatan Kerja Lapas Narkotika Kelas IIA Gunungsindur mengatakan, adanya kegiatan program pelatihan pembenihan dan pembesaran ikan gurame sangat bermanfaat dalam menambah keahlian bagi warga binaan.

Baca juga  Ade Yasin Hadiri Sidang Senat Terbuka Penganugerahan Gelar Doktor Kehormatan Kepada Ryamizard Ryacudu

“Sehingga nantinya saat para WBP ini kembali ke tengah masyarakat, mereka sudah memiliki ilmu dan keahlian kerja untuk berusaha secara baik,” ujarnya.

Whisky melanjutkan, selain bermanfaat untuk para warga binaan, kegiatan ini juga diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para pegawai Lapas. Hal ini dikarenakan pasar ekspor untuk hasil panen budidaya ikan gurame ini telah dipersiapkan oleh pihak CV Dejeefish.

“Semoga saja program kerjasama ini dapat berjalan lancar dan ke depan bisa dimasukan ke dalam PNBP,” tukasnya. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top