Nasional

Dosen IPB Dorong Kemandirian Digital Desa Wisata di Kabupaten Nganjuk

BOGOR-KITA.com, NGANJUK – Sejumlah dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) diterjunkan ke Desa Pesudukuh dan Balongrejo Kecamatan Bagor, Kabupaten Nganjuk Jawa Timur Minggu (12/11/2023).

Kedatangan para dosen Ini adalah bagian dari program Dosen Mengabdi Inovasi (DMI) tahun 2023 Direktorat Pengembangan Masyarakat Agromaritim, IPB University. Mereka datang untuk melaksanakan program Membangun Kemandirian Digital Desa Wisata.

“Lewat program Membangun Kemandirian Digital Desa Wisata kita memberikan pelatihan technosociopreneur dan komunikasi digital desa wisata untuk pengembangan ekonomi desa di Desa Pasedukuh dan Desa Balongrejo, Nganjuk,” jelas Dr Hudi Santoso, Ketua Tim DMI IPB dalam keterangan persnya. Menurut Hudi, empat dosen bergelar doktor diterjunkan untuk memberikan pelatihan.

Baca juga  Prodi THP IPB, Trendsetter Bidang Teknologi Hasil Perairan di Indonesia

Kepala Desa Pesudukuh Romi Yumiani mengucapkan terima kasih telah dipilih IPB sebagai lokasi program DMI tahun 2023. Tahun lalu desanya juga menjadi lokasi Dosen Pulang Kampung tahun 2022.

“Desa kami potensi nya besar, tapi jujur kurang ide untuk pengembangan. Kehadiran bapak bapak kami harapkan bisa banyak memberikan pencerahan untuk pengembangan ekonomi desa,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Desa Balongrejo, Suprianto berharap melalui pelatihan ini lahir konsep pemasaran digital untuk membantu memasarkan produk UMKM desa,.

“Untuk pengembangan desa wisata kita sudah bangun infrastukturnya 400 juta. Bertahap kita kembangkan desa wisata karena sampai jadi kita butuh miliaran rupiah,” ujarnya. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top