Bupati Karawang Bercita-Cita Kembangkan Ternak Sapi di Karawang Selatan

BOGOR-KITA.com, KARAWANG – Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana berencana mengembangkan ternak sapi di dua kecamatan di wilayah Karawang bagian selatan yaitu Kecamatan Pangkalan dan Tegalwaru karena wilayah tersebut sangat potensial untuk mengembangkan ternak sapi untuk memenuhi kebutuhan daging di Kabupaten Karawang dan Kota Jakarta.

Hal itu disampaikan saat acara penyerahan hadiah kontes sapi nasional  Bupati Cup Karawang yang dilaksanakan di Lapangan Ruko Race Perum Resinda, pada  Minggu malam (8/12/2019).

“Ternak  sapi  berperan sebagai sumber pendapatan, membuka kesempatan kerja dan sumber protein hewani,” kata Cellica.

Populasi ternak sapi potong yang tinggi menunjukkan salah satu potensi dan peluang yang dapat dimanfaatkan untuk memberikan nilai tambah dalam usaha ternak sapi, meningkatkan konsumsi gizi keluarga akan protein hewani bahkan sebagai komoditas agribisnis.

Lanjut, Cellica mengatakan peluang pengembangan sapi potong di wilayah Karawang selatan cukup besar, hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain pakan ternak dalam jumlah cukup, tersedianya lahan pangonan, relatif mudahnya akses pemasaran, keterampilan petani yang memadai, sosial budaya yang menunjang dan adanya dukungan baik dari pihak swasta atau pemerintah.

“Kaum milenial yang tentunya dapat membaca potensi ke depan dengan mencukupi kebutuhan daging baik untuk konsumsi dalam negeri dan diharapkan kedepannya dapat mengekspor memenuhi kebutuhan internasional,” tandasnya.

Sehingga, Karawang kedepan mampu sebagai salah satu wilayah pengembangan ternak potensial di Provinsi Jawa Barat dan memiliki peran penting dan strategis dalam pengembangan ternak dan menyediakan kebutuhan daging sapi Jawa Barat dan DKI.

“Kedepannya Asosiasi Peternak dan Penggemuk Sapi Indonesia ( APPSI) mampu menyedialan sapi bakalan bagi daerah lain,” tutupnya. [] Nandang



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *