Kepala Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3) IPB University Dr Sofyan Sjaf.

Bupati Bogor Harus Berani Optimalkan Potensi Desa Melalui UMKM

BOGOR-KITA.com, CIBINONG –  Kabupaten Bogor itu kaya dan kekayaan itu ada di pedesaan. Oleh karena itu Bupati Bogor Ibu Ade Yasin harus berani memotret, mengidentifikasi dan mengoptimalkan potensi pedesaan melalui UMKM.

Hal ini dikemukakan oleh Kepala Pusat Studi Pembangunan Pertanian dan Pedesaan (PSP3) IPB Dr Sofyan Sjaf menanggapi pernyataan Presiden Jokowi di Forum Rakornas yang dihadiri sekitar 3.000 pejabat mulai dari Presiden, Wakil Presiden, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur, Bupati dan Walikota dari seluruh Indonesia di Sentul International Convention Center (SICC), Kecamatan Babakanmadang, Kabupaten Bogor, Rabu (13/11/2019).

Dalam forum rakornas itu Presiden Jokowi meminta mengikutsertakan UMKM dan pengusaha lokal dalam setiap invetasi yang masuk ke daerah.

Sebelum rakornas, Presiden Jokowi juga menyindir pengelolaan UMKM masih monoton.

Dr Sofyan Sjaf mengatakan, kekayaan Kabupaten Bogor itu ada di desa. Oleh sebab itu potensi kekayaan desa itu harus dioptimalkan melalui UMKM

Demikian juga dengan Bumdes. “Bumdes memang harus dioptimalkan. Tetapi harus dibangun dengan data presisi sumberdaya di pedesaan tersebut agar berkelanjutan,” kata Dr Sofyan Sjaf kepada BOGOR-KITA.com, Kamis (14/11/2019) pagi. [] Hari



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *