Walikota Bogor Bima Arya menelusuri CIliwung, Jumat (28/9/2018).

Bima Arya Tengarai Hotel Amaroossa Langgar Perda Sampah

BOGOR-KITA.com –  Di belakang Hotel Amaroossa itu saya menengarai ada indikasi pelanggaran perda tentang pengelolaan sampah. “Nanti saya akan telusuri di belakang ini pelakunya siapa,” kata Walikota Bogor Bima Arya, Jumat (28/9/2018).

Hal itu dikemukakan Bima seusai melusuri aliran sungai dari Jalan Riau menuju Lebak Pilar, Kelurahan Sempur. Dalam penelusuran, Bima menemukan banyak sampah yang menumpuk di aliran sungai tersebut.

Penumpukan sampah itu antara lain berada di saluran air tepatnya samping Hotel Amarossa dan di belakang KFC, Jalan Padjadjaran, Kelurahan Barangsiang, Kecamatan Bogor Tengah.

“Di belakang Amaroossa itu saya menengarai ada indikasi pelanggaran perda, nanti saya akan telusuri di belakang ini pelakunya siapa,” ucap Bima.

Bima menegaskan, berdasarkan perda tentang pengelolaan sampah, jika ketahuan bisa ditutup izinnya. “Jadi jangan main main, ujungnya bisa ditutup itu,” tegasnya.

Lebih lanjut Bima mengatakan sudah menyampaikan beberapa peringatan oleh dinas terkait. Karena terlihat ada indikasi limbahnya di buang seenaknya, berdasarkan perda itu kan melanggar.

“Jika jika tidak diindahkan bisa diberi sanksi pencabutan izin, penutupan,” katanya.

Sebeumnya Bima mengatakan, bahwa pihaknya akan terus menormalisasikan Sungai Ciliwung dari tumpukan sampah.

Sampah-sampah di sepanjang sungai Ciliwung sudah seharusnya diangkut. Sebab, setelah ditelusuri tenyata masih banyak sampah-sampah yang berserakan.

“Sekarang kan air sungai sedang surut, jadi sampah-sampah terlihat jelas, termasuk di dalam Kebun Raya Bogor,” ungkapnya.

Maka itu, sambung Bima, pihaknya akan memprogramkan dan mempetakan titik – titik mana saja yang nantinya akan diangkut dan dibersihkan oleh pemkot

“Jadi, sepanjang jalur ini kita akan petakan dulu titik-titik sampahnya, ipalnya dan lainnya, supaya kegiatan normalisasi sungai ini masuk ke program jangka pendek, menengah dan jangka panjang,” ujarnya.

Terkait penanganannya, Bima dan jajaran muspida yang lain akan melalukan aksi bebersih di sepanjang Sungai Ciliwung dengan mengajak semua elemen masyarakat, terutama warga yang berada di bantaran sungai Ciliwung.

Namun, Bima tak menyebutkan kapan aksi bebersih itu dilakukan, yang pasti akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

“Jadi, nanti kita kerahkan semua untuk bersama-sama membersihkan sampah-sampah di sini,” pungkasnya. [] Fadil



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *