Mendagri Tito Karnavian

Bertemu Mendagri, Apeksi Keberatan 5 Persen Dana Pendaping PAD untuk Kelurahan

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) suarakan keluhat sejumlkah daerah tentang dana 5 persen pendamping dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk kelurahan.

Hal itu disampaikan oleh Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang juga Ketua Apeksi kepada Mendagri Tito Karnavian dalam pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dengan Mendagri di Gedung Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (27/11/2019).

“Soal dana kelurahan, yang 5 persen pendamping itu dari Pendapatan Asli Daerah (PAD), ada beberapa keberatan dari kawan-kawan karena kemampuan keuangan daerah masing-masing berbeda. Sehingga diharapkan 5 persen itu tidak menjadi dana tersendiri, tapi program kegiatan kelurahan yang berada di SKPD masuk ke dalam 5 persen itu,” kata Airin.

Mendagri Tito Karnavian mengatakan, Apeksi menyampaikan sejumlah permasalahan. Antara lain soal tunjangan, adanya gugatan dari karyawan mantan narapidana, juga pendampingan pencegahan korupsi, rekomendasi terkait peningkatan anggaran dana kelurahan, penguatan kapasitas profesionalisme aparatur, penguatan aparatur pengawasan internal pemerintah atau APIP, serta penyelenggaraan pemerintahan umum.

Selain itu juga perizinan yang harus terintegrasi secara elektoral online single submission, infrastruktur, lingkungan, dan transportasi. Juga pembangunan berkelanjutan bidang kesehatan, pariwisata kota, dan bidang pendidikan.

“Pertemuan dengan asosiasi para wali kota yang intinya menyampaikan beberapa permasalahan, kita tampung dulu,” kata Mendagri Tito. [] Admin/Humas Pemkot Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *