Kab. Bogor

Banjir, Longsor, Jalan Amblas Landa Kecamatan Kemang

BOGOR-KITA.com, KEMANG – Curah hujan dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah menimbulkan tanah longsor dan jalan amblas di Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Tanah longsor terjadi  di Kampung Kandang RT 2 RW 5 Desa Semplak Barat dan di RT 1 RW 1 Desa Bojong, sementara jalan amblas terjadi di Desa Pondok Udik.

Sedang di Perumahan Bumi Tegar Beriman (BTB) RT 08 dan Kampung Nagrok RT 06 RW 06 Desa Tegal di terjang banjir akibat meluapnya air sungai Cibeuteung. Puluhan rumah warga terendam sekitar 50 sentimeter hingga 1 meter.

“Di Kampung Nagrok, ada 11 rumah warga terendam banjir. Sementara di perumahan BTB atau Korpri, ada puluhan rumah terendam dari 3 blok,” ungkap Saeful Kodir, Ketua RW 6 Desa Tegal kepada wartawan, Minggu (1/3/2020).

Kodir mengungkapkan, air mulai meluap Minggu dinihari, sekitar pukul 02.00 WIB. Seluruh korban banjir selamat dan untuk warga di perumahan BTB, dievakuasi ke sebuah mesjid di komplek perumahan tersebut.

“Kami sudah laporkan kejadian ini ke Pemdes Tegal, dan saat musibah terjadi langsung ada bantuan evakuasi dari pihak BPBD, Damkar, Pol PP, Polri, TNI dan para relawan,” ungkapnya.

Baca juga  BAZNAS Kabupaten Bogor Santuni 1000 Anak Yatim

Ketua RW 6 Desa Tegal mengatakan, saat ini para korban sudah berada di lokasi evakuasi dan membutuhkan bantuan logistik.

“Sementara ini bantuan logistik yang sudah ada seperti makanan, mir instan dan air mineral, itu dari para relawan dan Pemdes Tegal,” katanya.

Dikonfirmasi, Kasim, Kepala Desa (Kades) Tegal mengatakan, ada sekitar 80 rumah warga di Perumahan BTB dan 11 rumah warga di Kampung Nagrok yang terdampak banjir. “Kami sudah kirimkan bantuan awal. Kami juga sudah laporkan kejadian ini ke Pemerintah Kecamatan dan pihak lainnya,” ucap Kasim.

Sekcam Kemang Ria Marlisa menuturkan, sejak menerima laporan kejadian tersebut, pihaknya langsung mengirimkan petugas kecamatan ke lokasi bencana guna membantu melakukan evakuasi warga di lokasi bencana. Pemcam Kemang juga langsung melaporkan hal ini ke Bupati Bogor dan sejumlah SKPD terkait untuk penanganan bencana. “Kami juga dibantu petugas Polsek dan Koramil Kemang. Selain itu kami sudah membuat dapur umum dan berkoordinasi dengan UPT Puskesmas membuat Posko Kesehatan untuk warga di tempat pengungsian sementara,” tuturnya.

Baca juga  Bogor Masih Hujan, Warga di Bantaran Cuiliwung Jakarta Diimbau Waspada

Sedangkan Kepala Seksi Pemberdayaan dan Kesehatan Masyarakat (Kasi PKM) Kecamatan Kemang Ivan Rivaldi menambahkan, saat ini Pemerintah Kecamatan Kemang sedang berkoordinasi dengan sejumlah pihak untuk upaya pengiriman bantuan logistik kepada para korban.

“Kami usahakan hari ini ada pennyakuran bantuan logistik kepada korban. Kami juga terus komunikasi dan koordinasi dengan semua pihak guna penanganan bencana ini. Sedangkan petugas sudah disebar di semua titik lokasi bencana,” katanya. [] Fahry

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

63 − 55 =

Terpopuler

To Top