Nasional

Adara Tempuh Jalur Diplomasi Internasional Demi Kemerdekaan Palestina

BOGOR-KITA.com, ISTANBUL, TURKIYE– Adara Relief International menggaungkan komitmen Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina di hadapan dunia. Beberapa agenda kemanusiaan internasional yang bertujuan untuk menggalang dukungan terhadap Palestina telah Adara ikuti pada bulan April – Mei 2024 ini sebagai perwakilan perempuan Indonesia.

Melalui MedeniyetTV Turkiye dan RajieenTV Palesitina yang berbasis di Istanbul, Turki, Direktur Utama Adara Relief Indonesia Maryam Rachmayani menekankan urgensi edukasi dalam perjuangan pembelaan terhadap rakyat Palestina yang terjajah.

“Publik akan tergerak untuk peduli ketika mereka sudah memahami apa makna perjuangan rakyat Palestina,” ungkapnya. Oleh karena itu, ia menyampaikan bahwa Adara telah menyusun kurikulum khusus bagi tiap jenjang pendidikan dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi untuk memberikan edukasi terkait Palestina. “Adara juga memiliki tema khusus untuk kajian ilmiah perkantoran hingga pengajian taklim ibu-ibu.” ungkap Maryam dalam rilis (Senin, 3/6).

Baca juga  Jokowi Minta Detail Produksi dan Vaksinasi Covid-19 Dalam Dua Pekan

“Setelah edukasi, tentunya donasi juga sangat penting bagi Palestina,” lanjut Maryam, yang menyampaikan keprihatinannya atas kondisi agresi genosida yang terjadi di Gaza, “Alhamdulillah, selama agresi yang terus berlangsung di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023, Adara telah menyalurkan bantuan dari para donatur Indonesia setidaknya sebanyak 32 kali tahapan penyaluran.” pungkas Maryam dalam sesi wawancaranya dengan stasiun televisi Turki tersebut.

Wawancara ini menutup konferensi internasional bertajuk “Thufan Al-Ahrar (Gelombang Pembebasan)” yang Adara hadiri pada 18-19 Mei 2024 di Istanbul, Turki. Konferensi ini merupakan rangkaian akhir dari tiga acara bertaraf internasional yang telah Adara hadiri dalam sebulan terakhir untuk menyuarakan dukungan Indonesia atas Palestina.

Baca juga  Adara Hadirkan Edukasi Palestina di 257 Titik di Seluruh Indonesia

Mengawali rangkaian kegiatan kemanusiaan ini, pada 29 April 2024 Maryam bersama 60 lembaga internasional lainnya menghadiri pertemuan tokoh dan organisasi peduli Palestina yang diselenggarakan oleh Masyarakat Dunia untuk Masjid Al-Aqsa dan Palestina (Global Coalition for Quds and Palestine) di Jakarta.

Pertemuan yang berlangsung di Jakarta Timur ini diadakan untuk merumuskan bersama jenis bantuan yang akan disalurkan Indonesia bagi Palestina khususnya dalam program “Rebuild Gaza”. Dalam pertemuan ini, Adara menyampaikan komitmennya untuk mendukung program-program yang secara khusus menyasar penerima manfaat anak-anak dan perempuan di Gaza.

Setelah kegiatan bersama Global Coalition for Quds and Palestine, tim Adara yang terdiri dari Maryam Rachmayani selaku Direktur Utama dan Hasanah Ubaidillah selaku Direktur Program bersama para pemerhati isu Palestina lainnya bertolak menuju Doha, Qatar. Di negara yang memiliki dukungan kuat untuk Palestina ini, mereka turut melaksanakan simposium Global Women Coalition for Quds and Palestine (GWCQP).

Baca juga  Teknologi Digital, Percepat dan Permurah Biaya Bogkar Muat di KCN

Dalam acara ini, Adara turut mempresentasikan bentuk bantuan Adara untuk Palestina berupa pembangunan Klinik Ibu dan Anak, termasuk pusat trauma healing, program “Dekap Keluarga Palestina”, dan pusat pemberdayaan perempuan.

“Program pemberdayaan perempuan Palestina merupakan salah satu program unggulan Adara yang sudah berjalan selama 4 tahun ke belakang. Program ini dinilai efektif karena mampu memberikan kesempatan kepada para perempuan single parent di Palestina untuk menghidupi keluarganya,” jelas Hasanah selaku Direktur Program Adara.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top