Kab. Bogor

Tingkatan Pengetahuan Penggunaan Obat yang Benar Melalui Inovasi INFUS OBAT

BOGOR-KITA.com, CISEENG – Rendahnya pengetahuan masyarakat tentang penggunaan obat dapat mengakibatkan terapi pengobatan tidak tercapai atau tidak maksimal, sehingga keluhan dari pasien tidak teratasi. Hal ini dapat menurunkan kualitas hidup masyarakat akibat tidak produktifnya kegiatan yang dilakukan.

Selain itu, rendahnya pengetahuan tentang penggunaan obat juga mengakibatkan penggunaan obat yang salah dan dapat menimbulkan adanya keluhan yang lain.

Infus Obat adalah larutan steril dalam jumlah besar yang diberikan melalui intravena tetes demi tetes. Sediaan infus memiliki waktu kerja yang lama tetapi dengan efek yang pasti. Terinspirasi dengan definisi dan cara kerjanya, Puskesmas Cibeuteung Udik membuat inovasi yang diberi judul serupa dimana kegiatannya berupa pemberian informasi seputar obat selama sepuluh menit. Sama halnya dengan cara kerja infus obat, inovasi ini juga merupakan kegiatan yang bersifat jangka panjang dengan memberikan informasi yang berguna bagi masyarakat.

Baca juga  Dua Pelaku Curanmor Jamaah Masjid Di Desa Waru Diamuk Massa

Kepala Puskesmas Cibeuteung Udik, dr. Wiswandris Lamin menyampaikan bahwa INFUS OBAT merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan penggunaan obat yang baik kepada masyarakat.

Sasaran inovasi ini yaitu pasien rawat jalan sebagai subjek yang akan menggunakan obat dan masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Cibeuteung Udik.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan menjadi pemicu peningkatan penggunaan obat yang tepat sehingga keluhan dapat teratasi. Selain itu, kegiatan ini diharapkan untuk meningkatkan kemandirian dan perubahan perilaku masyarakat dalam penggunaan obat secara benar. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top