Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat

6 Hak Muslim Terhadap Muslim Lainnya

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Ada enam hak muslim terhadap muslim lainnya. Yakni, apabila bertemu maka sampaikan salam dan menjawabnya. Apabila diundang maka hadirilah undangannya. Ketika diminta nasihat maka berikanlah nasihat. Ketika bersin ucapkan Alhamdulillah dan Yarhamukallah. Apabila sakit jenguklah dan apabila meninggal dunia maka antarkan hingga dikubur.

Hal ini dikmeukakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat saat menyampaikan kultum kepada para jamaah di Masjid At-Taqwa Balai Kota Bogor, Senin (6/1/2020).

“Jadi saya berdiri di sini karena diminta oleh DKM atau berkaitan dengan hak ketiga muslim tadi,” terangnya.

Ia menuturkan, ibadah shalat ini merupakan bentuk pembinaan iman.  Bentuk pembinaan iman ada lima, seperti syahadat, shalat, zakat, puasa dan haji.

Iman dalam bahasa arab berasal dari kata amana, yu’minu, imanan yang artinya percaya. Menurut Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan Ibnu Majah, iman itu adalah tambatan hati yang menggema kepada seluruh ucapan dan menjelma ke dalam perbuatan.

Ada tiga aspek kehidupan manusia, yakni hati, ucapan dan amal perbuatan. Contohnya, jika ingin berangkat shalat pasti diawali dari hati, kemudian ucapan dan dikerjakan.

“Tapi semua yang menggerakan adalah Allah SWT. Jadi, mumpung kita diberikan kesempatan hidup mari kita belajar untuk memahami tujuan hidup,” kata Sekda. [] Admin/Prokopim



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *