Kab. Bogor

3 Pasar Kabupaten Bogor Dapat Perhargaan Kementerian Perdagangan RI

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Tahun 2019 segera berakhir. Pada akhir tahun biasanya dilakukan refleksi capaian dan rencana tahun berikutnya. BOGOR-KITA.com mencoba memublikasi kinerja yang dicapai terutama capaian spesifik dinas di Kabupaten Bogor.

Dinas Perdagangan Perindustrian Kabupaten Bogor salah satu dari dua dinas yang memberikan jawaban.

Apa kinerja spesifik Dinas Perdagangan Perindustrian Kabupaten Bogor.

Kepada BOGOR-KITA.com, Kamis (19/12/2019), Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bogor, Nuradi menjelaskan capaian spesifik dinas yang dipimpinnya di tahun 2019. Salah satunya adalah penghargaan yang akan diperoleh dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Berikut data lainnya.

  1. Pelayanan kemetrologian tera/tera ulang, di mana tahun 2019 merupakan tahun pertama target retribusi dari tera/tera ulang setelah diserahkan kewenangannya dari provinsi ke daerah yang realisasinya mencapai over target, realisasinya hingga saat ini sekitar 1,78 miliar  dari target 582 juta, dan juga melebihi realisasi tahun 2016 (realisasi sekitar 760 juta) saat masih ditangani oleh provinsi.
  2. Tanggal 20 Desember 2019 ini 3 pasar di Kabupaten Bogor yaitu Pasar Nanggung, Pasar Jasinga dan Pasar Cigudeg akan mendapatkan penghargaan pasar tertib ukur dari Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan.
  3. Melakukan pembinaan dan pelatihan bagi sekitar 3.308 Industri Kecil dan Menengah (IKM) mulai dari pemberdayaannya, pengembangannya, dan juga terkait legalitas produknya melalui APBD Kab Bogor, dan juga bekerjasama dengan kementerian untuk pelatihan pelatihan lainnya dan penyaluran bantuan alat kerjanya.
  4. Mendapatkan 4 MoU perdagangan di mana telah dilakukan 2 transaksi ekspor sebagai hasil dari misi dagang yang dilakukan ke Rusia.
  5. Telah melakukan ekspor perdana produk hydroponic sebagai hasil lanjut keanggotaan pada online membership international marketplace platform alibaba.com
Baca juga  Sebagian Plaza Bogor Diharapkan Tetap Jadi Pasar

Sementara untuk rencana spesifik tahun 2020, Nuradi menyebut salah satunya yakni, program  yang terkait dengan rencana penuntasan rest area Puncak, Kawasan Gunung Mas sebagai hasil kerjasama Pemda, Kementerian PUPR (Ditjen Bina Marga dan Ditjen Cipta Karya), dan PTPN VIII yang akan dibangun 516 kios bagi PKL sebagai salah satu tindak lanjut pembongkaran pelebaran jalan sepanjang jalur Puncak. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

22 − = 13

Terpopuler

To Top