Kota Bogor

Warga Bogor Tewas Disengat Tawon, DPKP Evakuasi Malam Ini

Foto/Etos.co.id

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Warga Cimanggu Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor meninggal dunia usai disengat oleh gerombolan tawon vespa. Hal itu dibenarkan oleh Kepala Bidang Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bogor Ade Nugraha.

“Iya, menurut informasi dari petugas Damkar kemarin mendapatkan laporan dari warga bahwa ada seseorang yang tinggal di daerah Cimanggu tersengat tawon,” kata Ade, Kamis (22/2/2024).

Menurut laporan, korban yang tidak disebutkan identitasnya ini diserang oleh segerombolan tawon ketika sedang mengevakuasi sarang tawon di rumahnya.

“Jadi orang tersebut berusaha untuk mengevakuasi tawon secara mandiri, waktunya itu kurang lebih pukul 10.00 pagi,” jelasnya.

Dia menambahkan bahwa korban hendak dibawa ke rumah sakit karena banyaknya tawon yang menyengat tubuhnya.

Baca juga  Badak Sumatera Paling Primitif di Dunia, Selamatkan dengan Teknologi ART dan Bio-Bank

Pada saat yang sama, kejadian tersebut dilaporkan kepada petugas DPKP Kota Bogor, yang meminta bantuan untuk mengevakuasi sarang lebah tersebut. Namun, karena keluarga korban masih berduka, operasi evakuasi dibatalkan.

“Ketika akan dilakukan evakuasi pada malam hari, didapat kabar bahwa warga yang disengat tawon ini meninggal dunia di rumah sakit dan evakuasi tidak jadi dilaksanakan,” ungkapnya.

Menurutnya, proses evakuasi sarang tawon tersebut akan dilakukan pada Kamis (22/2/2024) malam ini. Koloni tawon diketahui bersarang di atap rumah.

“Kita akan mengevakuasi sekitar jam 8 malam. Kita lakukan penanganan malam hari karena tawon in-aktif, mereka berada di sarangnya. Serangga jenis ini aktifnya di siang hari,” kata Ade.

Baca juga  Gelar RDP, DPRD Kota Bogor Tampung Aspirasi Warga Untuk Raperda Penanaman Modal

Ia menuturkan, bahwa tawon yang menyengat korban kemungkinan adalah tawon vespa yang ganas dan dapat menyebabkan kematian jika menyengat banyak atau berkali-kali pada tubuh.

“Dan ada dampak reaksi dari tubuh bisa alergi mengakibatkan bengkak, sesak nafas hingga ke gagal jantung apabila benar itu tawon vespa. Ini jenis tawon yang sangat berbahaya, sehingga harus lebih berhati-hati,” tandasnya.

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top