Regional

Varian Baru Corona Asal Inggris Sudah Masuk Jabar

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil/ Humas Jabar

BOGOR-KITA.com, KARAWANG – Varian baru virus corona B117 yang berasal dari Inggris saat ini sudah masuk ke Provinsi Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Karawang. Informasi disampaikan Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil pada Rabu (3/3/2021).

Menurut Kang Emil, varian baru virus corona dari Inggris itu sudah ada di Indonesia, sudah masuk di Karawang. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat sudah melakukan pelacakan.

Gubernur Jawa Barat juga sudah meminta agar tim peneliti dari Universitas Padjadjaran (Unpad) melakukan penelitian varian baru virus corona tersebut.

“Jadi kami harus bagaimana ibu bapak peneliti, dengan adanya varian baru ini? Apakah sama perlakuan protokol kesehatan 3M-nya atau bagaimana? Itu kami mohon secepatnya ada penelitian,” kata Kang Emil usai menghadiri acara Uji Klinik Vaksin Covid-19 Rekombinan Anhui di Gedung Rumah Sakit Pendidikan Unpad di Kota Bandung, Rabu (3/3/2021).

Baca juga  Ini Pesan Terakhir Arifin Panigoro kepada Ridwan Kamil

Namun demikian, Gubernur meminta kepada warga Jabar agar tetap tenang dan tidak panik. Langkah-langkah antisipatif sudah dilakukan pemerintah sejak awal karena Satgas Covid-19 sudah memprediksi bahwa virus corona akan bermutasi.

“Jadi, ikhtiar kita sesuaikan dan kita tingkatkan,” kata Kang Emil.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengumumkan telah menemukan dua kasus varian baru virus corona atau virus jenis B117-UK yang berasal dari Inggris di Indonesia.

Sementara itu, Satgas Covid-19 Kabupaten Karawang, Jabar, membenarkan bahwa dua tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Karawang terpapar virus Covid-19 varian baru B117, namun mereka sudah pulang ke rumahnya masing-masing setelah dinyatakan negatif.

Juru Bicara Satgas Covid-19 Karawang Fitra Hergyana, menyampaikan kepada awak media bahwa dua TKI asal Karawang itu pulang ke Indonesia menggunakan pesawat berbeda dan mendarat di Bandara Soekarno Hatta.

Baca juga  Ridwan Kamil Imbau Milenial Jabar Berkontribusi dalam Pembangunan

Dua TKI masing-masing berinisial M mendarat pada 28 Januari 2021 dan TKI berinisial A mendarat pada 31 Januari 2021. Keduanya telah mengikuti protokol kesehatan sesuai aturan Satgas Covid-19 bagi para pelaku perjalanan luar negeri.

TKI inisial M berasal dari Kecamatan Lemahabang, sementara TKI inisial A berasal dari Kecamatan Pedes, Karawang.

Keduanya telah diberikan tindakan berupa tes swab PCR dengan hasil positif sehingga dilakukan isolasi di Jakarta. Setelah menjalani isolasi, hasil tes swab mereka negatif sehingga diizinkan pulang ke Karawang.

“Jadi keduanya pulang ke Karawang dengan hasil sudah negatif,” terang Fitra. [] Imam

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top