Regional

Tingkatkan Mutu Profesi, PWI Jabar Gelar UKW di Karawang

BOGOR-KITA.com, KARAWANG- Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat melaksanakan Road Show Uji Kompetensi Wartawan (UKW) di Hotel Novotel Kabupaten Karawang pada Selasa-Rabu 30-31 Mei 2023.

Road Show UKW ini merupakan program dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan menargetkan 1.000 peserta UKW se-Jawa Barat pada tahun 2023.

Ketua Pelaksana Road Show UKW PWI Jawa Barat, Ahmad Syukri mengatakan, road show UKW PWI Jawa Barat ini merupakan program 1.000 UKW dari Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat.

Untuk di Karawang ini merupakan lokasi kelima dengan angkatan 62-63. Total ada 65 peserta UKW mulai dari tingkatan muda, madya dan utama.

“Di Karawang ini peserta dari daerah sekitar, Purwakarta, Subang, Bekasi, ada juga Depok,” imbuhnya.

Total ada delapan lokasi kegiatan road show, yakni Bandung Raya, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Bandung Raya, Karawang.

Baca juga  Pemprov Jabar Larang Perayaan Tahun Baru 2021

Kemudian nanti setelah Karawang dilaksanakan di Cirebon, Ciamis dan Sukabumi.

Mewakili Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat, Sekretaris Umum PWI Jabar, Tantan Sulthon Bukhawan mengatakan, kegiatan ini merupakan program Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Road Show Uji Kompetensi Wartawan (UKW) PWI Provinsi Jawa Barat angkatan 62-63 tahun 2023.

“Program ini diawali keresahan Jabar jadi basis hoaks. Maka bagaimana meningkatkan kualitas wartawan, meluruskan klarifikasi yang selama ini hoaks bertebaran,” imbuh dia.

Ia juga menambahkan, sesuai mars bahwa PWI selalu menjaga mutu profesi. Maka diharapkan UKW ini agar menjadikan wartawan Jabar yang kompeten.

Sehingga seluruh informasi yang dipublikasi di media masing-masing berkualitas dengan sesuai kaidah jurnalistik dan kode etik.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Agi Agung Galuh Purwa menambahkan, Pemprov Jabar berkomitmen bersama dalam mendukung upaya peningkatan kualitas para wartawan di Jawa Barat.

Baca juga  Diserang Hama Tikus, Puluhan Hektare Sawah di Rengasdengklok Gagal Panen  

Sebab, sekarang ini dihadapi tantangan yang luar biasa di era digital. Terutama soal informasi hoaks, maka diharapkan adanya UKW ini para wartawan mampu membantu dalam menangkal hoaks.

“Diharapkan kita bisa mengcounter bersama-sama informasi atau kabar hoaks yang banyak bertebaran di media sosial itu,” katanya.

Kegiatan Road Show UKW PWI Jabar di Karawang ini dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jawa Barat, Agi Agung Galuh Purwa, disaksikan Wakil Bidang Organisasi PWI Jabar Ahmad Syukri, Sekretaris Umum PWI Jabar, Tantan Sulthon Bukhawan berserta pengurus PWI Jabar dan Ketua PWI Karawang Aep Saepuloh dan Sekretaris PWI Karawang Nilakusuma berserta pengurus PWI Karawang.

Hadir para penguji Ahmad Syukri, Ghiok Riswoto, Erwin Kustiman, Kadirah, Suherlan, Widodo Asmowiyoto, Wawan Djuwarna, Ati Suprihatin, Refa Riana, TB Slamet Priyanto, dan Kesit B. Handoyo.

Baca juga  Atalia Dinobatkan Sebagai Bunda GenRe Jabar

Lalu, hadir para tamu undangan dan juga narasumber pada kegiatan tersebut. Yakni, Kepala Diskominfo Karawang, Wahidin, Komisioner Komnas PA, Wawan Wartawan, Anggota DPRD Karawang, Indriyani, Plt KPU Karawang Ikhsan Indra Putra dan Kasi Humas Polres Karawang Ipda Herawati.

Sementara itu, dari hasil pelaksanaan UKW selama dua hari, peserta yang dinyatakan kompeten sebanyak 48 orang dan yang belum kompeten 6 orang.

“Tingkat kelulusan pada UKW kali imi mencapai 88 persen. Selamat untuk yang kompeten, semoga ilmu yang didapat selama mengikuti UKW dapat diimplementasikan dilapangan. Sedangkan yang belum kompeten jangan berkecil hati, anda masih bisa mengikuti kembali UKW 6 bulan dari sekarang,” kata Ketua Dewan Kehormatan PWI Jabar Oland Sibarani saat menutup rangkaian UKW. [] Fahri

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top