Kab. Bogor

SEAMEO-CECCEP Gandeng IPB Gelar Pelatihan Guru PAUD

Dr Dwi Hastuti

BOGOR-KITA.com, DRAMAGA – Southeast Asian Ministers of Education Organization Center of Early Childhood Care Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) menggandeng Departemen Ilmu Keluarga dan Konsumen (IKK), Fakultas Ekologi Manusia (Fema) IPB University menggelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD Dwiasas Karakter Sopan Santun dan Tekun yang berakhir Jumat (26/2/2021).

Arie Dharma selaku Head of Capacity Building, mengatakan, SEAMEO CECCEP merupakan salah satu institusi yang berfokus pada inovasi di bidang PAUD dan Pendidikan Keluarga.

Dalam riilis dari IPB University kepadA BOGOR-KITA.com, Jumat (26/2/2021) disebutkan, pelatihan yang dilaksanakan selama 4 hari, 23 -26 Februari 2021 ini diikuti 44 orang peserta aktif yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia.

Baca juga  Rektor IPB University Teken MoU dengan Lembaga Riset Pertanian 4.0 Tiongkok 

Dr Dwi Hastuti, Dosen IPB University dari Departemen IKK yang menjadi salah satu narasumber pelatihan mengungkapkan bahwa dwiasas karakter sopan santun dan tekun merupakan hasil penelitian yang dikembangkan Departemen IKK.

Hasil penelitian ini kemudian dikembangkan menjadi modul-modul pendidikan untuk anak, guru, dan orang tua untuk menerapkan pendidikan karakter secara sederhana kepada para orang tua dan guru.

Dwiasas karakter sopan santun dan tekun merupakan dua karakter dasar yang sangat penting dimiliki oleh anak agar anak memiliki karakter yang baik.

Karena pada prinsipnya jika kita memiliki satu karakter baik maka akan menarik karakter baik lainnya sehingga anak akan terhindar dari perilaku menyimpang.

Baca juga  IPB Bebaskan BPIF Bagi Mahasiswa Tidak Mampu

Terlebih lagi saat ini marak kasus bullying, tawuran, dan kekerasan yang dilakukan oleh anak usia sekolah. Ini menunjukan bahwa perilaku anak-anak saat ini tengah berada pada kondisi yang mengkhawatirkan.

“Keberhasilan menyiapkan generasi tergantung tiga elemen yaitu keluarga, sekolah dan masyarakat. Apabila ketiga elemen tersebut saling bekerja sama dengan baik dalam menumbuhkan karakter anak sejak dini maka akan tercipta Sumberdaya Manusia (SDM) yang berkualitas dan berkarakter sehingga dapat menciptakan kawasan Asia yang damai dan sejahtera,” ujar Direktur SEAMEO CECCEP Dr Dwi Priyono.

Dalam sambutannya, Dr. Dwi Priyono, menyambut baik kerjasama ini dan berharap kerjasama antara SEAMEO CECCEP dan IPB University terus dapat berlangsung dalam beragam kegiatan.

Baca juga  Mahasiswa IPB Teliti Mata Ikan Tuna Jadi Suplemen Cegah Stunting

Selama pelatihan ini, Dr. Dwi Hastuti dan Alfiasari, SP, MSi, Dosen IPB University dari Departemen IKK, mengawali materi terkait building awareness terhadap pentingnya pendidikan Karakter dan prinsip pendidikan karakter pada anak usia dini.

Selanjutnya, peserta dilatih tentang bagaimana menerapkan dwiasas karakter sopan santun dan tekun dalam proses pembelajaran di sekolah.  Termasuk juga bagaimana membangun kerjasama yang baik dengan orangtua sehingga pendidikan karakter dapat dialirkan secara konsisten dan komprehensif di sekolah maupun di rumah.

Melalui pelatihan ini diharapkan semakin banyak guru yang menyadari tentang pentingnya pendidikan karakter diterapkan di sekolah sejak usia dini dan bagaimana menerapkannya dalam pembelajaran. [] Admin

 

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!