Pesona Indonesia Timur, Wali Kota Menari Tari Yospan

Pesona Indonesia Timur, Wali Kota Menari Tari Yospan

BOGOR-KITA.com – Bersama Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Shahlan Rasyidi, Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Daud Nedo Darenoh dan Wali Kota Bogor Bima Arya ikut menari Tari Yosim Pancar (Yospan) yang dibawakan para pelajar dalam acara Pesona Indonesia Timur, di Mall BTM, Jalan Ir. H. Djuanda, Kota Bogor, Sabtu (19/8/2017).

Tarian yang berasal dari tanah Papua itu membuat wali kota bersama dua kepala dinas dan jajaran direksi Mall BTM tertarik dan mengikuti irama riang hingga tuntas, kendati durasinya berjalan sekitar 15 menit. Alhasil, membuat mereka hingga berkeringat.

Dijelaskan salah seorang panitia, Edward, Tari Yospan merupakan tarian pergaulan masyarakat yang bisa dibawakan oleh penari pria maupun penari wanita. Tari Yospan sendiri adalah salah satu tarian tradisional yang cukup terkenal di Papua, khususnya di daerah pesisir utara Papua.

“Tarian ini biasanya sering ditampilkan di berbagai acara, baik acara adat, penyambutan, maupun acara budaya. Tari Yospan sendiri penggabungan dua tarian masyarakat Papua, yaitu Tari Yosim dan Tari Pancar,” jelasnya.

Tari Yosim, masih kata Edward, merupakan tarian yang hampir mirip dengan Tari Poloneis, tarian dansa Eropa). Sedangkan Tari Pancar merupakan tarian yang tumbuh dan berkembang di daerah Biak, Numfor dan Manokwari. []Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *