Kab. Bogor

PD Pasar Tohaga Luncurkan Pembayaran Non Tunai

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Tak bisa dipungkiri arus perkembangan digital makin marak di era revolusi industri 4.0 ini. Seluruh sektor ekonomi riil menjadi sasaran pengembangan digital guna mempertahankan market global.

Hal tersebut menjadi dasar PD Pasar Tohaga selaku pengelola pasar tradisional di Kabupaten Bogor mengembangkan pasar rakyat berbasis digital. Sasarannya kali ini adalah Pasar Cibinong.

Pasar yang dekat dengan pusat pemerintahan Kabupaten Bogor ini digadang-gadang akan menjadi pilot project pengembangan digitalisasi pasar tradisional.

Direktur Utama PD Pasar Tohaga, Haris Setiawan menggandeng BJB Cabang Cibinong untuk pemantapan program ini. Bertujuan mengedukasi pedagang untuk melek teknologi agar bertahan dengan persaingan pasar ritel lainnya.

“Sudah kami coba dengan sistem pembayaran IPP (iuran pemeliharaan pasar) secara digital, pointnya adalah pemantapan data pemasukan dan pendisiplinan pedagang dalam menjalankan kewajibannya, sehingga kita bisa maksimalkan kebutuhan pedagang itu sendiri,” jelas Haris dalam rilis kepada BOGOR-KITA.com, Selasa (6/10/2020).

Lebih lanjut dijelaskan bahwa program ini akan menerapkan pembelian pasar secara cashless, dimana pedagang akan diberikan QRIS (QR Indonesian Standard) , kode digital untuk semua pembayaran yang mendukung usaha pedagang untuk memfasilitasi pengunjung dalam bertransaksi.

“Memang ini masih menjadi pilihan bagi pedagang  tapi kami harap pedagang bisa lebih terbuka akan perkembangan digital saat ini agar kita tidak tertinggal,” jelasnya.

Baca juga  Sudah 4.868 UKM Kabupaten Bogor Diusulkan Dapat Bantuan Rp2,4 Juta

Soni Manager Pemasaran Unit Cabang Bank Jabar Banten Cibinong menjelaskan banyak tawaran menarik dalam program ini  keuntungan bukan hanya untuk pedagang yang bisa mengamankan aset pendapatannya di bank, pembeli pun bisa mendapatkan benefit karena  merchant yang terhubung biasanya menawarkan banyak promo dan cashback, seperti OVO, Dana, LinkAja, Shopee, Gopay.

“Goalsnya meramaikan pasar rakyat, menjadikan pasar tradisional rasa modern,” jelasnya

Diharapkan program ini bisa berjalan di Pasar Cibinong untuk bisa di adopsi di pasar pasar rakyat lainnya di Kabupaten Bogor. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

64 + = 74

Terpopuler

To Top