Gubernur Jabar Ridwan Kamil memimpin Rapat Pimpinan bersama kepala OPD di Gedung Sate Bandung, Senin (11/2/2019).

Patimban, Kertajati, Cirebon akan Jadi Kawasan Ekonomi Khusus

BOGOR-KITA.com – Gagasan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) seperti sumur yang tak pernah kering. Berbagai macam hal sudah digagas. Terbaru, Emil mengatakan, Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat akan menggabungkan tiga kawasan yaitu Patimban, Kertajati dan Cirebon menjadi kawasan khusus yang diberi nama Segitiga Rebana (Cirebon, Patimban, Kertajati).

“Nantinya, segitiga ini akan menjadi kawasan yang paling maju dan futuristik di Jawa Barat,” kata Emil seusai Rapat Pimpinan bersama kepala OPD di Gedung Sate Bandung, Senin (11/2/2019).

Emil mengatakan, masih mengkaji luas keseluruhan kawasan Segitiga Rebana. Namun Emil menyebut, Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati merupakan batas paling selatan, batas utaranya Pelabuhan Patimban dan timurnya yaitu Pelabuhan Cirebon.

“Luas area segitiganya masih dikaji, pokoknya perbatasannya dari Kertajati di selatan, ke utaranya Pelabuhan Patimban dan ke timurnya Pelabuhan Cirebon,” jelasnya.

Bila Segitiga Rebana ini sudah terealisasi, Emil meminta semua industri padat karya di sepanjang DAS Citarum untuk pindah ke kawasan tersebut. Ia pun sudah berkoordinasi dengan Ketua Apindo Jabar dan bertemu dengan para pengusaha beberapa waktu lalu terkait hal itu. Dengan begitu maka akan berdampak pada hilangnya pencemaran limbah di DAS Citarum.

“Jadi industri-industri, khususnya padat karya akan dipindahkan ke sana dan kita sudah bicara dengan Apindo, jadi pabrik-pabrik sepanjang Citarum akan dipindah ke sana,” terang Emil.

Kawasan Segitiga Rebana ini juga akan diupayakan menjadi Special Economic Zone atau Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Sehingga anggaran akan didukung penuh oleh APBN. Hal inipun akan mempermudah proses perizinan industri dan perpajakan.

“Akan kami perjuangkan menjadi KEK sehingga (penggunaan) APBN, perizinan, perpajakan bisa jauh lebih baik dan menguntungkan. Kami perkirakan ribuan industri pindah ke segitiga itu,” ujarnya.

Direncanakan, Segitiga Rebana akan terwujud pada tahun 2021.

“Tahun ini kita mulai studi perencanaan, konstruksinya kemungkinan tahun depan sehingga di tahun ketiga sudah mulai,” kata Emil. [] Admin/Situs Pemdaprov Jabar



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *