Kota Bogor

Miliki Lima Kompetensi Managerial, Kepala Sekolah Ikuti Diklat

BOGOR-KITA.com – Pendidikan ibarat ibu kandung kehidupan. Manusia yang berilmu dan berakhlak dimulai dari pendidikan terutama di sekolah. Mewujudkan hal tersebut sebanyak 50 Kepala Sekolah Dasar se-Kota Bogor dilatih Lima Kompetensi Manajerial melalui Diklat Peningkatan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Senin (21/11/2016) di Hotel Pajajaran Suite BNR. Selama sepuluh hari ke depan ini seluruh peserta akan ditatar kompetensinya untuk mengembangkan kompetensi demi membangun sekolah yang lebih baik.
Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, sekolah merupakan sebuah lembaga yang membentuk manusia menjadi seutuhnya. Pendidikan di sekolah haruslah diurus dengan baik, benar ikhlas dan jelas untuk menghasilkan generasi yang baik. Maka dengan adanya diklat ini seluruh Kepala Sekolah harus mengikuti dengan serius karena menggunakan anggaran APBD yang tentunya dipertanggung jawabkan. Selain itu, hasil dari diklat yang sudah dipelajari bisa terukur dan lebih mampu dalam mengurus sekolah.
“Ada lima kompetensi manajerial yang dilatih karena ini bukan hanya soal olah pikir tapi juga olah rasa,” ujar Ade.
Ade menuturkan, lima kompetensi tersebut yakni kompetensi sosial, kompetensi kepribadian, kompetensi supervisi, kompetensi kewirausahan dan kompetensi manajerial. Kompetensi sosial yakni sekolah harus memiliki rasa sosial kepada orangtua/siswa yang tidak mampu karena fungsi sekolah mengubah yang tidak mampu menjadi mampu dengan pendidikan. Untuk kompetensi kepribadian, Kepala Sekolah harus mampu menjadi contoh bagi guru, komite dan siswa.
Sementara kompetensi supervisi harus dimiliki setiap kepala sekolah. Di sini semua sekolah harus mempunyai kemampuan pembelajaran yang baik. Komptensi kewirausahan diartikan sekolah harus mampu mengembangkan diri menjadi sekolah mandiri. Serta Kompetensi manajerial artinya, Kepala Sekolah mampu memimpin, mengolah keuangan, mengolah sarana prasaranan ,mengolah kurikulum dan ekstrakulikuler.
“Lima kompetensi ini sangat mempengaruhi keberhasilan dan keberlangsungan sekolah sebagai lembaga pendidikan,” pungkas Ade. [] Admin

Baca juga  233 CPNS Kota Bogor Ikuti Diklat Prajabatan di Cimahi
Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top