Kab. Bogor

KPAD Kabupaten Bogor Ajak Semua Pihak Penuhi Hak Anak di Masa Pandemi Covid-19

WASPADA

BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Pandemi Covid – 19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020 telah memporak porandakan berbagai penopang kehidupan, utamanya ekonomi, pendidikan juga kondisi sosial masyarakat.  Dari sekian banyak masyarakat, ada kelompok rentan terdampak covid-19 yang hendaknya menjadi perhatian serius oleh semua pihak yakni anak – anak.

Menurut Wakil Ketua KPAD Kabupaten Bogor, Waspada, peringatan Hari Anak Nasional tahun ini, menjadi momentum sangat penting bagi semua elemen bangsa, untuk memberikan perhatian terhadap anak – anak dan memastikan semua anak – anak terpenuhi hak – haknya.

“Mengingat pandemi Covid -19, telah memangkas sebagian hak anak, misalnya hak untuk bermain. Selama Pandemi Covid-19 anak – anak dibatasi kebebasan bermainnya, mereka hanya bisa bermain di dalam rumah. Mereka juga terganggu hak pendidikanya, karena harus belajar dari rumah atau pembelajaran jarak jauh ( PJJ ) / daring. Belum lagi selama PJJ / daring banyak sekali kendala yang dihadapi misalnya problem kuota, problem signal dan juga problem kepemilikan HP dan lain lain,” jelas Waspada, Sabtu (24/7/2021).

Baca juga  Musim Hujan, Pemkot Bogor Waspada DBD

“Juga terganggu hak – haknya untuk mendapatkan layanan kesehatan, karena akses ke Puskesmas atau Rumah Sakit juga dibatasi karena Pandemi Covid – 19,” sambung Waspada.

Lebih lanjut Waspada menuturkan ” Sesuai tema peringatan Hari Anak Nasional tahun ini ” Anak Terlindungi Indonesia Maju “, Negara dan pemerintah telah berkomitmen bahwa seluruh anak Indonesia harus terpenuhi hak – haknya.

“Nah komitmen ini harus didukung oleh semua eleman masyarakat, hingga masyarakat paling bawah, yakni keluarga.  Sebagaimana mandat Undang – Undang Perlindungan Anak, bahwa Negara, Pemerintah, Pemerintah Daerah, Masyarakat, Keluarga dan Orang Tua wajib memberikan Perlindungan terhadap anak,” tegasnya.

Dalam kesempatan Hari Anak Nasional ini, Waspada mengapresiasi Bupati Bogor Ade Yasin, atas komitmenya untuk memberikan perlindungan dan pemenuhan hak anak khususnya yang ada di Kabupaten Bogor. Komitmen itu di antaranya diejawantahkan dalam Program Panca Karsa, dimana dalam program Panca Karsa tersebut di dalam memuat program – program pemenuhan hak anak, yakni Bogor Sehat, Bogor Cerdas, Bogor Maju, Bogor Membangun & Bogor Berkeadaban.

Baca juga  Kriminal Meningkat, Reskrim Sukaraja Imbau Warga Waspada

“Semuanya beririsan dengan pemenuhan hak dan perlindungan anak,” ungkap Waspada.

Selain itu komitmen Bupati Bogor untuk memberikan pemenuhan dan perlindungan anak, dibuktikan dengan dibentuknya Komisi Perlindungan Anak Daerah ( KPAD ) Kabupaten Bogor pada akhir tahun 2020. Untuk itu, Waspada berharap semua instansi / lembaga terkait, hendaknya mendukung komitmen Bupati untuk menjadikan Kabupaten Bogor layak anak, dengan  mengalokasikan anggaran dan  mencanangkan program – program  terkait anak. “Mari kita tingkatkan perlindungan dan pemenuhan hak anak untuk mewujudkan Kabupaten Bogor Termaju Nyaman dan Berkeadaban,” ajak Waspada. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top