Pendidikan

Ini Makna Tagline IPB University “Inspiring Innovation with Integrity”

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Prof Arif Satria, Rektor IPB University bercerita bahwa motto atau tagline “Inspiring Innovation with Integrity” telah menjadi acuan instansinya dalam bergerak maju. Ketiga kata kunci tersebut menjadi ciri IPB University di mata publik.

Hal ini disampaikannya dalam Talkshow Merah-Putih bertajuk “IPB Way: Strategi Menghidupkan Nilai Institusi” yang digelar oleh Forum Rektor Indonesia, Rabu (10/11/2021).

Dalam kesempatan ini, ia mengatakan bahwa kejujuran atau integritas merupakan faktor sukses, fondasi serta modal dalam membangun kepercayaan masyarakat. Kekuatan bangsa juga didasari oleh kekuatan saling percaya yang tinggi sehingga kolaborasi mudah tercipta.

“Sementara itu, kata kunci inovasi merupakan salah satu wujud komitmen IPB University dalam memberi manfaat dan solusi bagi problematika masyarakat. Serta memberikan dampak secara global dalam berbagai aspek,” ujarnya.

Baca juga  6 Daftar Periksa Wajib Dipenuhi Sekolah Sebelum Gelar KBM Tatap Muka

Menurutnya, inovasi berkorelasi tinggi dengan pendapatan per kapita masyarakat. Nilai Global Innovation Index yang tinggi berkorelasi tinggi juga dengan posisi ekonomi negara. Dengan disisipkannya inovasi dalam tagline, diharapkan civitas akademika IPB University memiliki kemampuan untuk melakukan perubahan dan memimpin dunia.

“Tradisi berinovasi adalah tradisi yang bagus. Kita dapat memberikan solusi dan memberikan sumbangan terhadap kemajuan teknologi. Kita juga memberikan added value untuk masyarakat, bangsa dan negara kita,” ungkapnya.

Sementara itu, kata kunci inpirasi ditujukan untuk menggerakkan masyarakat agar berpikir dan bertindak yang mengarah kepada kemajuan. Menurutnya, ukuran sebenarnya inspirasi yang paling hebat adalah inspirasi dengan inovasi.

“Integritas, inovasi, inspirasi adalah tiga kata kunci yang memang menyatu dan saling berkaitan satu sama lain, bukan hal yang terpisah. Sehingga diharapkan orang-orang yang ada di kampus IPB University adalah orang yang berintegritas dan terus berinovasi,” tambahnya.

Baca juga  Gelar Bogor Education Fair 2016 untuk Tingkatkan Minat Baca

Menurutnya, IPB University telah berupaya keras dalam membangun ekosistem kampus yang ramah inovasi bagi para warganya. Bahkan, di setiap sudut IPB University diwajibkan dibangun lounge inovasi untuk menginspirasi para civitas akademika.

“Semakin banyak inovasi, maka semakin banyak mendorong masyarakat untuk tegak melangkah. Kemajuan sangat ditentukan oleh adanya inovasi yang mengispirasi. Oleh karena itu, kita menghasilkan inovasi bukan hanya sekedar inovasi, tetapi inspiring innovation. Jadi inspiring innovation itulah yang selalu kita perkuat sehingga masyarakat juga semakin optimis,” tuturnya.

Menurutnya, inovasi juga tidak boleh berhenti sebagai produk. Inovasi harus mampu menjawab solusi pada permasalahan negara.

“IPB University telah melakukan rebranding pada tagline dan penyebutan namanya melalui studi yang cukup panjang untuk mengkritalisasikan sebuah nilai. Penyesuaian institusi tersebut tidak boleh kaku, namun peka terhadap konteks jaman dan memasukkannya ke dalam institusi. Melalui rebranding tersebut, IPB University berupaya mempertajam serta menyesuaikan nilai-nilai institusi sesuai perkembangan jaman,” imbuhnya.

Baca juga  Rektor IPB: Respon VUCA dengan New Mindset

Prof Arif berpesan bahwa dalam membangun nilai insitusi, yang terpenting adalah kemampuan institusi yang paling siap dalam menghadapi masa depan. Baik perguruan tinggi negeri maupun swasta memiliki kesempatan besar untuk bertindak lebih lincah dan tangkas. Perguruan tinggi harus mampu menghadapi tantangan budaya dan membangun kepercayaan diri dalam menyusun nilai-nilai institusinya. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top