Bagian (Kabag) Humpro Kabupaten Sijunjung, Henry Chaniago yang berkunjung ke Kota Bogor, Rabu (24/10/2018).

Humas Sijunjung Berkunjung ke Humas Kota Bogor

BOGOR-KITA.com – Peranan media penting sebagai mitra pemerintah yang membantu menyukseskan pembangunan. Karena itu hubungan antara pemerintah dengan media harus dijaga.

“Kami melihat Kota Bogor bagus dalam menjalin hubungan dengan media. Hal ini terlihat dari bagaimana Pemkot Bogor mengangkat pariwisatanya. Setelah mendapatkan pemaparan yang tadi dijelaskan itu akan jadi bahan untuk kami aplikasikan di Sijunjung, tentunya disesuaikan dengan kemampuan anggaran, kondisi dan personel,” ujar Kepala Bagian (Kabag) Humpro Kabupaten Sijunjung, Henry Chaniago yang berkunjung ke Kota Bogor, Rabu (24/10/2018).

Rombongan Humpro Kabupaten Sijunjung dipimpin langsung Kepala Bagian (Kabag) Humpro Kabupaten Sijunjung, Henry Chaniago dan disambut Kepala Bagian Humpro Kota Bogor, Endang Suherman beserta staf di ruang Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor.

Henry Chaniago mengatakan, kunjungannya ke Kota Bogor ini selain ingin bersilaturahmi dengan Humpro Kota Bogor juga ingin belajar terkait pelaksanaan hubungan pemerintah dengan media di Humpro Kota Bogor.

Kepala Bagian Humpro Kota Bogor, Endang Suherman mengatakan, potensi paling menonjol dari Kota Bogor di sektor pariwisata ada di bidang jasa kuliner, hotel dan restoran.

Setiap hari kerja (weekdays) hotel di Kota Bogor penuh digunakan untuk kegiatan rapat. Sementara restoran selalu ramai di akhir pekan (weekend). Dari hotel dan restoran-lah penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) terbesar.

“Selain mempromosikan pariwisata tugas Humpro Kota Bogor juga membantu tugas pimpinan, yakni Walikota, Wakil Walikota dan Sekretaris Daerah Kota Bogor dalam hal pemberitaan,” ujarnya.

Terkait pemberitaan, Kepala Sub Bagian Publikasi dan Berita, Humpro Kota Bogor, Abdul Manan Tampubolon mengatakan, di Humpro Kota Bogor mempunyai 11 tim peliput dan 4 fotografer. Tugas peliputan yang ada di Humpro, yakni meliput kegiatan pimpinan walikota, wakil wali kota dan sekda atau yang mewakilinya. Peliput sehari-harinya turun ke lapangan, setelah selesai peliput menyusun berita untuk kemudian akan masuk ke meja editor.

“Kami memiliki empat editor, dua dari ASN dan dua non PNS. Editor ini bertanggung jawab terhadap konten berita. Setelah dari editor berita masuk ke website Pemkot Bogor. Dalam sehari ada lima sampai tujuh berita yang diupdate,” jelasnya.

Selain menghasilkan berita, Humpro Kota Bogor, Lanjut Manan, menjalin kerja sama dengan media. Kerja sama dengan media tersebut meliputi, penerbitan advertorial di 5 media cetak dan 16 media online, analisis media massa, temu redaktur dan pemred, langganan media cetak, pelaksanaan jumpa pers (sifatnya situasional dan sesuai permintaan pimpinan) dan pelaksanaan sosialisasi melalui radio dan TV. Kerja sama ini terbuka untuk seluruh wartawan baik di media cetak, online, lokal, nasional. Humpro juga berhubungan baik dengan organisasi atau aliansi wartawan, seperti PWI, AJI, IJTI, FWHB dan IWO.

“Kami berprinsip Humas itu layaknya seorang bapak, jadi kalau memang dikritik yang memang sesuai kontennya, ya tidak masalah, karena itu memang tugas pers. Tetapi kalau tidak sesuai kita bicarakan bersama,” pungkasnya.  [] Admin/Humpro Setda Kota Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *