Pendidikan

Hari Ini, SMPN 1 Kota Bogor Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer

BOGOR-KITA.com – Hari ini, Senin (21/3/2016) SMP Negeri 1 Kota Bogor melaksanakan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) bersama dua SMP swasta, SMP Kosgoro dan SMP Bogor Raya. “Ini adalah yang perdana. Semua diawali dengan penyediaan alat, sarana prasarananya. Sudah ada sinkronisasi dan simulasi dari Puspendik. Untuk Senin nanti kita telah membuat aplikasi internal.” kata Sri Sugiatri, Kepala SMP Negeri 1 Kota Bogor saat ditemui di sela-sela sosialisasi penerapan SSA di SMP/ SMA Negeri 1 Kota Bogor, Sabtu (19/3/2016).

Melalui simulasi ini, Sri Sugiarti berharap para anak didiknya tidak terkejut dan terbiasa saat mengahdapi UNBK yang sebenarnya. “Saat ini kami terus terapkan pelatihan dengan materi-materi yang sumbernya tidak hanya dari internal kita. Kisi-kisinya bersumber dari kurikulum 2013 dan kurikulum 2016,” lanjutnya.

SMP Negeri 1 Kota Bogor telah mempersiapkan 120 komputer yang nantinya akan digunakan 290 siswa kelas IX.  Dari segi SDM, Sri Sugiarti cukup optimis. “Insya Allah tidak ada masalah berarti, karena rekan-rekan di SMP Negeri 1  Kota Bogor telah paham dengan teknologi. Semoga dapat memotivasi sekolah yang lainnya,” jelasnya.

Baca juga  Korem 061/SK Lakukan Simulasi Penanggulangan Bencana

Sementara itu Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Fakhrudin mengatakan, simulasi ini selain untuk membiasakan anak didik dengan sistem baru juga untuk melihat kendala saat praktek. “Terutama jaringan. Sistem intranet dan komputernya bagus atau tidak, siap atau tidak. Persiapannya bagus, namun pada saat penggunaannya kita akan lihat, karena akan nonstop dari pagi hingga siang atau sore,” terang Fakhrudin.

Fakhrudin berharap mulai tahun depan semua SMP di Kota Bogor siap melaksankan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). “Dengan UNBK kejujuran para siswa dijamin,” tegasnya. Dalam UNBK ini ada empat pelajaran yang diujikan secara nasional yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA.[] Admin

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 4 = 1

Terpopuler

To Top