Hari Air Sedunia, De Tara Foundation dan Pramuka Bersihkan Parit dan Sungai

Hari Air Sedunia, De Tara Foundation dan Pramuka Bersihkan Parit dan Sungai

BOGOR-KITA.com – DeTara Foundation bekerja sama dengan Gerakan Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Bogor dan Kelurahan Sindang Barang menggelar aksi memperingati Hari Air Sedunia, tepatnya (22/3/2017) lalu.

Kegiatan diawali dengan upacara peringatan yang dipimpin langsung Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat dan diikuti 110 peserta anggota pramuka dari Kecamatan Bogor Barat pada Sabtu (1/4/2017) di Kantor Dinas Tanaman dan Holtikultura, jalan Sindang Barang, Kelurahan Sindang Barang, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Ade mengapresiasi kegiatan positif itu dalam memperingati Hari Air Sedunia yang bertujuan untuk mengajarkan generasi muda akan pentingnya air. Sebab, pemahaman dan kepedulian terhadap air tidak
bisa hanya sekadar teori saja, namun juga harus dilakukan dengan aksi nyata, seperti dilakukan anggota pramuka yang melakukan aksi pembuatan lubang resapan biopori, pembersihan parit, sungai dan saluran air di beberapa titik yang ada di Kelurahan Sindang Barang.

“Jika bicara tentang pramuka, sudah tidak bicara teori tetapi langsung pengaplikasiannya,” jelas Ade.

Menurutnya, kondisi air di Kota Bogor memang cukup mengkhawatirkan. Pasalnya, air sungai yang biasa digunakan warga untuk kehidupan sehari-hari kondisinya sudah tercemar dengan sampah ataupun limbah. Maka dari itu Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor juga sedang menggiatkan program Eco Village (Desa berbudaya lingkungan) di lima kelurahan yang dilewati sungai Ciliwung. Hal ini tentunya harus didukung berbagai pihak. Sebut saja dinas terkait, kecamatan, kelurahan, masyarakat, Tim Penggerak PKK dan anggota pramuka untuk melakukan sosialisasi secara massif.

“Sampah kan tidak bisa dihentikan, tetapi bisa dipilih terlebih dahulu sebelum dibuang. Jangan jadikan sungai sebagai pembuangan sampah,” tegasnya.

Sementara itu, Koordinator Detara Foundation Ika Satyasari menambahkan, DeTara Foundation
merupakan NGO yang sudah bergerak dibidang pendidikan lingkungan sejak tahun 2010. Berbagai kegiatan peringatan tentang lingkungan sudah sering dilakukan. Tahun ini, pihaknya sengaja menggandeng Pramuka sebagai sebuah gerakan anak muda yang memang sangat aktif dan kompak untuk mensosialisasikan kegiatan ini ke masyarakat.

“Kami berharap dari anak-anak pramuka ini dapat membantu menyebarluaskan informasi ke
masyarakat untuk sama-sama menjaga dan menghemat air untuk kehidupan di masa depan,”
pungkasnya. [] Admin



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *