Regional

Gubernur Ridwan Kamil Perkenalkan Motif Batik Ironman Telorceplok Bikinannya

BOGOR-KITA.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memperkenalkan motif batik yang didesain sendiri bernama Ironman Telorceplok. Hal ini dalam upaya mempromosikan produk-produk UMKM Jawa Barat khususnya batik Cirebon.

“Batik yang saya desain ini saya namai Batik Ironman Telorceplok. Saya desain mega mendung dengan pola circular, ditambahi matahari yang dikelilingi 8 kujang kencana. Diniatkan menolong para pengrajin batik Cirebon,” kata Ridwan Kamil melalui akun Twitter @ridwankamil, yang terpantau Selasa (13/4/2021).

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, batik tersebut diproduksi di Batik Trusmi, Cirebon milik Ibu Sally.

“Senang mendengar kabar laku keras dan bisa menghidupi para pengrajin batik di Cirebon,” lanjut Kang Emil.

Baca juga  RK Bakal Bangun 3 RS di Kabupaten Bogor, Bagaimana Pembangunan RSUD Parung ?

Gubernur Jawa Barat itu juga menawarkan diri kepada para pelaku UKM lain untuk berkolaborasi dalam mempromosikan produk-produk mereka.

“Silakan UKM merek batik-batik yang lain jika mau kolaborasi dengan saya. Setidaknya ada cara lain dalam mempromosikan produk UKM melalui interaksi desain. Kontak Instagram @kusumaatmadja,” kata Kang Emil.

Menurut dia, tidak ada artinya orang yang punya kekuatan untuk memviralkan tetapi tidak dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat banyak.

“Buat apa ilmu dan power of viral jika tidak dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat sejak awal berkomitmen menyukseskan Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang digagas pemerintah pusat untuk menstimulasi dan membangkitkan UMKM.

Baca juga  Atlet Asian Games dan Asian Paragames 2018 Jawa Barat, Terima "Kadedeuh" 

Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang juga Brand Ambassador Gernas BBI Jabar akan memanfaatkan akun media sosial pribadinya yang memiliki jumlah pengikut belasan juta untuk mengkampanyekan “Belanja Adalah Bela Negara” secara masif.

Di Jawa Barat sendiri ada sekitar 15 ribu UMKM di yang mengikuti Gernas BBI. Dan sepanjang bulan April ini pemerintah pusat maupun daerah mempromosikan produk-produk UMKM Jabar secara maksimal. [] Imam

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top
error: Content is protected !!