Kunjungan President Korea International Cooperation Agency (KOICA), Mrs Lee Mikyung bersama delegasi mengunjungi Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Baranangsiang

Dr Arif Satria Sampaikan Visi IPB Sebagai Technosocio-entreprenurial University

BOGOR-KITA.com – Rektor IPB University menyampaikan visi IPB ke depan sebagai technosocio-entrepreneurial university saat menerima kunjungan President Korea International Cooperation Agency (KOICA), Mrs Lee Mikyung bersama delegasi mengunjungi Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Baranangsiang beberapa waktu yang lalu.

Berdasarkan rilis yang diterima BOGOR-KITA.com, Kamis (7/3/2019), Arif Satria mengatakan saat ini pondasi IPB sebagai technosocio-entrepreneurial university sudah dibangun. Rektor merasa perlu adanya percepatan agar riset bidang unggulan IPB, seperti yang masuk dalam agenda agro-maritim 4.0, dapat menghasilkan luaran berupa lulusan yang mumpuni serta ilmu pengetahuan dan teknologi (ipteks) yang sesuai dengan permasalahan di lapangan serta kebutuhan pengguna.

Pada pertemuan tersebut President Lee menyampaikan pandangannya tentang pentingnya penguatan peran dan kapasitas perguruan tinggi seperti IPB yang merupakan kampus inovasi serta masuk jajaran top 100 dunia bidang pertanian dan kehutanan serta memiliki mitra global yang luas. Selain itu IPB juga memiliki holding company PT. Bogor Life Science and Technology (BLST) yang menjadi media penting untuk proses hilirisasi inovasi serta kewirausahaan.

President KOICA mengapresiasi langkah IPB melalui model agri-preneurship yang sedang dikembangkan dan berharap dapat bekerjasama untuk saling belajar. “Sesegera mungkin bersama Country Director KOICA Indonesia di Jakarta untuk bertemu dan dapat menyusun langkah-langkah strategis serta merumuskan bentuk kerjasama yang akan dibangun,” ujarnya.

Dalam diskusi tersebut, IPB mengusulkan skema kerjasama diantaranya Riset kolaboratif seperti Smart Agriculture untuk hutan tanaman, perkebunan, konservasi biodiversitas serta topik terkait lainnya yang bersifat interdisipliner. Penguatan kewirausahaan yang dihubungkan dengan fasilitas IPB Science Techno Park mencakup juga pengembangan model FabLab/MakerLab atau LivingLab. Infrastruktur advanced lab melalui penguatan dan pengembangan kapasitas manajemen menuju pusat instrumentasi nasional untuk mendukung kualitas riset frontiers dan hilirisasinya. Dan Inovasi Teknologi, Sistem Informasi, dan Bisnis melalui penguatan model bisnis 4.0 melalui teknologi terkini yang telah dikembangkan diantaranya Teknologi Informasi 5G.

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Senat Akademik Prof. Dodi Nandika, Wakil Rektor bidang Kerjasama dan Sistem Informasi, Prof. Dodik R Nurrochmat, Direktur Program Internasional, Prof. Iskandar Z  Siregar,  Wakil Dekan Sumberdaya, Kerjasama dan Pengembangan Fakultas Kehutanan, Dr. Naresworo Nugroho serta perwakilan peneliti yang sedang bekerjasama dengan mitra dari Korea Selatan.

Pada akhir kunjungannya President KOICA berkesempatan mengunjungi Serambi Botani di Mall Botani Square Baranangsiang untuk melihat ragam produk healthy lifestyle yang sudah dipasarkan. [] Admin / Rilis IPB University



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *