Kab. Bogor

Camat Ciawi Apresiasi Kemenkominfo Gelar Bimtek Literasi Digital di Banjarwaru

Bimtek LATD di Desa Banjarwaru

BOGOR-KITA.com, CIAWI – Camat Ciawi Adi Henryana mengapresiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI yang menggelar bimbingan teknis bertajuk Literasi Adopsi Teknologi Digital (LATD) di Desa Banjarwaru, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

LATD di Desa Banjarwaru, digelar mulai Jumat (11/6/2021) hingga hari ini Minggu (13/6/2021).

Selain Camat Ciawi, hadir dalam kegiatan itu perwakilan Kemenkominfo RI, Kepala Desa Banjarwaru Abdul Rahman dan dari komunitas di wilayah Desa Banjarwaru. Serta didukung oleh BPD, LPM, karang taruna desa dan juga para kader-kader posyandu juga Gerakan Bogor Pancakarsa Membangun dari Desa.

“Kegiatan LATD ini sangat bagus, Desa banjarwaru beruntung bisa mendapatkan Bimtek ini. Karena tidak semua desa bisa mendapatkan kegiatan LATD dari Kemenkominfo,” ujar Camat Ciawi Adi Henryana.

Baca juga  Patroli Orang Keluar Masuk Puncak, Tidak Penting Dipulangkan

“Kita ketahui bersama bahwa sekarang ini sudah zamannya milenial dan digitalisasi, jika kita tidak menguasai teknologi yang berbasis digital maka kita akan ketinggalan. Oleh karena itu manfaatkan bimtek LATD ini sebaik baiknya dan semoga nanti outputnya bisa ditularkan ke desa-desa lainnya,” imbuh Adi yang merupakan mantan Sekdis DPMD Kabupaten Bogor.

Saat ini, salah satu pemanfaatan internet banyak digunakan oleh lembaga pemerintah maupun komunitas dan lembaga yang ada di kawasan pedesaan. Untuk mempermudah layanan kepada masyarakat, internet saat ini banyak dimanfaatkan oleh sektor pariwisata dan UMKM.

Karena melihat salah satu ancaman terbesar terhadap Indonesia adalah penyebaran konten negatif (konten berbau hoaks, ujaran kebencian, sampai pada beraneka ragam praktik penipuan) melalui media digital maupun manual.

Baca juga  Camat Ciawi Puji Warga Desa Banjarwaru Perbaiki Rutilahu Pakai Dana Swadaya

Hal ini disebabkan rendahnya pemahaman mengenai penggunaan teknologi digital yang digunakan untuk menerima dan menyebarkan informasi secara efektif dan tepat guna, atau rendahnya kemampuan literasi digital.

“Terima kasih kepada Kemenkominfo melalui Ditjen Aptika menyelenggarakan kegiatan Literasi Adopsi Teknologi Digital sebagai bentuk edukasi dari pemanfaatan kemajuan teknologi penggunaan internet yang bisa memudahkan kehidupan sehari-hari dan mengurangi dampak negatif dari penggunaan internet,” ucap Kepala Desa Banjarwaru Abdul Rahman.

Salah satu rangkaian kegiatan literasi adopsi teknologi digital ini berlangsung pada tanggal 11 Juni 2021 di Balai Desa Banjarwaru. Literasi dengan mengambil tema pengenalan teknologi digital untuk mendukung sektor pariwisata dan para pelaku usaha mikro di kawasan pedesaan.

Baca juga  327 dari 355 RT di Kecamatan Ciawi Masuk Zona Hijau

Para peserta dari masyarakat juga dituntut lebih peduli dan menyadari bahwa media internet tidak hanya sekedar digunakan untuk hiburan dan komunikasi saja, tetapi dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan, meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan.

Kegiatan berlangsung sehari dengan narasumber Cahyo Edi Widiatmoko dengan banyak membahas dan praktik membuat server dan aplikasi. Sektor pariwisata dan usaha mikro bisa menjadi salah satu unit usaha yang bisa dikelola melalui aplikasi tersebut. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top