Kab. Bogor

Ade Yasin Kunjungan Kerja ke Pamijahan, Resmikan Sejumlah Infrastruktur

Bupati Bogor Ade Yasin

BOGOR-KITA.com, PAMIJAHAN – Bupati Bogor Ade Yasin lakukan kunjungan kerja ke wilayah Kecamatan Pamijahan Kabupaten Bogor, Senin (21/3/2022). Ade Yasin meninjau langsung hasil pembangunan program Satu Miliar Satu Desa (Samisade) tahun 2021 di wilayah Kecamatan Pamijahan, serta meresmikan beberapa hasil pembangunan di sejumlah titik di kecamatan itu.

Kunjungan kerja diawali dengan mengunjungi Desa Gunung Picung, yaitu peresmian jalan dan pengguntingan pita, penyerahan sertipikat tanah program redistribusi secara simbolis, penyerahan bibit ikan secara simbolis sebanyak 15 ribu ekor, penandatanganan prasasti Program Samisade 15 desa se-Kecamatan Pamijahan, serta peresmian Jembatan Gunung Peteuy, Bendungan Salihun, Ipal Komunal dan MCK.

Selanjutnya peninjauan vaksin dan penyerahan santunan anak yatim di Desa Gunung Sari, peresmian jalan Samisade dan Gapura di Desa Pamijahan, peresmian ikon Kawasan Usaha Peternakan (Kunak). Kemudian mengunjungi Desa Pasarean untuk meresmikan jalan Samisade, peninjauan tempat sapi perah dan penyerahan bantuan secara simbolis, lanjut ke Tempat Penampungan Susu (TPS), serta diakhiri dengan melakukan aksi Gerakan Minum Susu Gratis (Gerimis).

Baca juga  Kapolres Bogor Memimpin Upacara Sertijab 5 Kapolsek

Ade Yasin mengungkapkan bahwa Pamijahan ini luar biasa karena semua rata-rata menyerap Rp1 miliar untuk program Satu Miliar Satu Desa (Samisade). Ia berharap terserapnya anggaran Samisade diharapkan bisa memberikan manfaat untuk masyarakat di masing-masing desa yang ada di wilayah Kecamatan Pamijahan.

“Saya minta kepada para Kades untuk selesaikan infrastruktur dulu kalau selesai infrastrukturnya, nanti Samisade ini bisa untuk pemberdayaan masyarakat seperti permodalan, BUMDes bahkan bisa untuk bangun sarana kantor desa. Kalau pemberdayaan masyarakat berjalan tetapi infrastrukturnya jelek tetap aja susah mengangkatnya, sehingga saya minta para Kades untuk fokus ke infrastruktur karena itu paling penting untuk mengangkat perekonomian masyarakat serta untuk mengangkat pariwisata,” beber Ade Yasin.

Baca juga  SP BPJAMSOSTEK Bogor Berikan Bantuan APD

Menurutnya, tadi juga dirinya meresmikan jembatan di Desa Gunung Picung yang merupakan permintaan dan kebutuhan masyarakat untuk menghubungkan dua desa. Ia juga meninjau hasil-hasil Samisade sekaligus evaluasi di beberapa titik termasuk bantuan ikan, pembibitan dan peninjauan sapi di Kunak.

“Rata-rata Samisade selesai, besok juga ada evaluasi dengan Forkopimda mengundang seluruh Kades di Kabupaten Bogor,” tegasnya.

Tambah Ade Yasin, dirinya juga meminta kepada para Kepala Desa untuk melalukan evaluasi pelaksanaan Program Samisade dan lebih berhati-hati dalam menganggarkan Samisade.

“Mudah-mudahan apa yang kita lakukan bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat,” tuturnya.

Lanjut Ade Yasin menegaskan, untuk meningkatkan rata-rata lama sekolah ia minta agar para Kepala Desa untuk mengajak dan memotivasi terutama masyarakat diatas usia 25 tahun yang belum sekolah untuk diikutsertakan dalam Kejar Paket A ataupun B.

Baca juga  Covid-19: Positif 93 dari 17 Kecamatan, Jonggol Terbanyak, 13 Konfirmasi Positif

“Paket A dan Paket B kesetaraan ini harus digratiskan karena kita sudah bangun PKBM untuk menaikkan angka rata – rata lama sekolah, untuk anak umur usia sekolah yang belum sekolah misalkan usia SD maupun usia SMP, tolong itu didorong untuk sekolah, ada juga program Dinas Pendidikan, namanya Kartu Bogor Cerdas. Kita jangan hanya membangun infrastruktur tetapi bangun juga SDM dengan menyekolahkan anak- anak yang kurang mampu dengan memberikan fasilitasi PKBM atau ijazah paket,” tutupnya. [] Hari

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Terpopuler

To Top