Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) yang digelar Kwartir Ranting (Kwarran) Bogor Tengah di Aula SMKN 3 Bogor, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Kamis (28/11/2019).

32 Pembina Pramuka Bogor Tengah Gelar KMD Mandiri

BOGOR-KITA.com, BOGOR – Sebanyak 32 Pembina Pramuka Penggalang SD-SMP mengikuti Kursus Pembina Pramuka Tingkat Dasar (KMD) yang digelar Kwartir Ranting (Kwarran) Bogor Tengah di Aula SMKN 3 Bogor, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Kamis (28/11/2019).

KMD yang digelar secara mandiri ini merupakan program Kwarran Bogor Tengah di 2019 untuk meningkatkan kualitas para pembina Pramuka Penggalang di gugus depan.

“Kami mandiri alias tidak dari Kwarcab Pramuka Kota Bogor, karena kami memandang perlu para pembina Pramuka untuk mempunyai sertifikat,” ujar, Ketua Panitia KMD Kwarran Bogor Tengah, Sumiati.

Sumiati mengatakan, KMD ini memang program pertama dari Kwarran Bogor Tengah, namun antusias pembina Pramuka untuk mengikuti KMD sangat bagus. Mengingat dari target peserta 40 orang hadir 32 orang peserta.

KMD ini kata dia, berlangsung selama enam hari yang dibagi dua kegiatan. Tiga hari di kelas dan tiga hari camping. “Peserta dikenakan biaya Rp 1,5 juta. Setelah selesai peserta dapat sertifikat KMD,” imbuhnya.

Ia menuturkan, sejauh ini sudah banyak pembina Pramuka di Kwarran Bogor Tengah yang mempunyai sertifikat KMD, karena mereka bertugas langsung memberikan materi kepramukaan kepada anak-anak Pramuka di tingkat SD-SMP.

“Harapan kami mudah-mudahan peserta yang terjun sebagai pembina ini bisa membentuk karakter anak-anak Pramuka yang dibimbingnya,” katanya.

Ditempat yang sama, Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor, Ade Sarip Hidayat mengatakan, terselenggaranya KMD mandiri ini menunjukkan Kwarran Pramuka Bogor Tengah cinta Pramuka. Mengingat Pramuka yang merupakan ekskul wajib di sekolah ini memang idealnya dibina dengan orang yang paham kepramukaan.

“Saya ucapkan terima kasih semoga kegiatan bisa berlangsung baik dan dapat meningkatkan kualitas pembina di gugus depan,” katanya. [] Admin/Humas Pemkot Bogor



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *