Situs Gunung Padang di Kabupaten Cianjur Jawa Barat

Wisata Indonesia, Potensi Ekonomi yang Sedang Tertidur

BOGOR-KITA.com – Direktur Politeknik Negeri Bandung Rachmad Imbang Tritjahjono menilai, pariwisata di Indonesia saat ini menjadi potensi ekonomi yang sedang tertidur. “Apabila terbangun akan memberikan potensi (ekonomi) yang luar biasa,” kata Rachmad dalam acara Kompetisi Pariwisata Indonesia (KPI) ke-10 di Pendopo Tonny Soewandito Kampus Politeknik Negeri Bandung (Polban) di Jalan Gegerkalong Hilir, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (24/4/2019). Kompetisi dibuka oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

Rachmad menuturkan, beberapa negara saat ini telah mengambil porsi kekuatan ekonominya melalui sektor pariwisata. Contohnya adalah Thailand yang terbukti bisa bangkit dari krisis ekonomi melalui industri pariwisata.

Rachmad berharap KPI ke-10 ini dapat menjadi sarana promosi potensi pariwisata yang ada di Nusantara. Untuk itu, dia juga meminta hasil kompetisi tidak hanya selesai di lingkungan kampus, namun bisa disampaikan ke berbagai media, sehingga potensi wisata yang dimiliki bisa diperkenalkan ke dunia luar.

“Harapan kita tidak hanya selesai di kampus, apa yang sudah kita lakukan sebaiknya kita sampaikan melalui berbagai media, sehingga potensi pariwisata yang ada di Jawa Barat dan Indonesia bisa diperkenalkan,” katanya.

KPI ke-10 tahun ini mengambil tema Digital Tourism Transform Milenial yang bermakna bahwa pariwisata berbasis digital menjadi tren bagi generasi milenial yang dapat berperan dalam memajukan industri pariwisata.

Jumlah peserta kompetisi ini tercatat sebanyak 813 peserta dari 56 perguruan tinggi di 15 provinsi. Mereka adalah para mahasiswa D-III, D-IV, dan S-1 jurusan pariwisata.

Dalam kompetisi yang digelar oleh Program Studi Pariwisata Politeknik Negeri Bandung kerja sama dengan Telkom University dan Stiepar Yapari-Aktripa ini, digelar 21 kompetisi, 16 kompetisi khusus dan 5 umum dengan memperebutkan piala bergilir menteri pariwisata sejak 2016 lalu. [] Admin/Humas Pemdaprov Jabar



Bogor-Kita.com - Sejak 2010


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *