Olahraga

Waktu Kian Mepet, Liga 1 Bakal Pakai Sistem Dua Wilayah

BOGOR-KITA.com, JAKARTA – PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) berencana untuk menggelar Liga 1 Indonesia 2021 dengan sistem dua wilayah, karena waktu penyelenggaraan mepet dengan ajang Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia.

Rancangan ini diungkapkan Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB) Akhmad Lukita, Kamis (29/10/2020). Akhmad menerangkan, dengan digelarnya Piala Dunia U-21 pada 2021, maka waktu yang tersedia untuk Liga 1 semakin pendek.

“Kalau harus dimulai pada 1 Januari 2021 kompetisi amat mungkin agar digelar dua wilayah karena keterbatasan waktu. Sebab pada Mei-Juni 2021 PSSI punya hajatan besar, yakni Piala Dunia U-20,” terang Akhmad.

Akhmad memastikan kompetisi Liga 1 tidak akan jadi digelar di sisa akhir tahun ini karena berbagai pertimbangan. Utamanya kepolisian tidak memberikan izin karena banyaknya agenda di Tanah Air.

“Exco (PSSI) rapat Kamis malam, sebelumnya juga kami rapat dengan PSSI, PT LIB bahwa November belum ada kabar izin, berarti polisi belum mengeluarkan izin. Kalau kita ngomongin Desember itu ada Pilkada, natal, tahun baru, polisi pasti siaga penuh,” terang Akhmad.

Baca juga  PSSI Kembali Gelar Liga 1 dan Liga 2 Awal Tahun 2021

Awalnya, kompetisi akan dimulai pada Oktober namun kepolisian tak memberikan izin dengan alasan penularan Covid-19 masih masif.

PT LIB dan PSSI lantas bertemu dengan klub untuk membahas lanjutan kompetisi. Dari pertemuan itu diperoleh tiga opsi yakni pertama menggulirkan kompetisi pada 1 November 2020 dan selesai pada Maret 2021.

Jika tanggal 1 November tidak diizinkan, PSSI akan membuat skema dan jadwal baru, yakni pada 1 Desember 2020. Ini semua PSSI lakukan karena aspirasi klub yang ingin kompetisi kembali digelar.

Namun mengingat situasi pandemi Covid-19 yang belum reda dan sejumlah agenda pemerintah seperti Pilkada digelar tahun ini, maka PT LIB tengah menjadwalkan Liga 1 digelar kembali awal tahun 2021.

“Kami minta masukan lagi dari klub-klub nanti soal rencana dua wilayah,” kata Akhmad. [] Anto

Klik untuk berkomentar

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Terpopuler

To Top